Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 488 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 606 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 485 | Komentar

Baca


Kampus STIB Banten Raya Disulap jadi Perumahan



PANDEGLANG – Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa (STIB) Banten Raya di Jalan Labuan KM 05, Cikoneng, Pandeglang, saat ini sudah rata dengan tanah. Menurut informasi, di atas lahan kurang lebih 1 hektar ini akan dibangun perumahan.

Berdasarkan pantauan belum lama ini, bangunan-bangunan di lingkungan kampus STIB yang berdekatan dengan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga dan SMK Bhinekas, tengah diratakan menggunakan alat berat. Hanya mushola yang masih tetap berdiri. Disekeliling lahan, tampak berjejer umbul-umbul berisi promosi perumahan. Informasi yang didapat, diatas lahan ini memang akan dibangun perumahan oleh salah satu pengembang lokal.

“Setahu saya bangunan ini dulunya merupakan kampus STKIP Tirtayasa dan STIB Banten Raya. Tapi sekarang akan menjadi perumahan,” kata Uci salah seorang pegawai Dispora, kemarin. Ditanya apakah perkuliahan STKIP dan STIB masih aktif, Uci mengaku tidak tahu percis karena jarang melihat mahasiswa yang kuliah. “Sebelum diratakan, kampus ini memang sudah sepi. Paling juga ada beberapa orang yang katanya mau legalisir ijazah. Saya juga tidak tahu kemana pindahnya STIB,” jelasnya.

Berdasarkan penelusuruan, kampus STIB cukup bersejarah di Pandeglang dan Banten. Soalnya, kampus yang didirikan tahun 1982 ini merupakan kampus persiapan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten. “Sebelum Untirta berdiri di Serang, perkuliahannya pada tahun 1982 tersebar di Serang, Cilegon dan Pandeglang. Kampus STIB itu termasuk kampus persiapan pendirian Untirta dengan nama Yayasan Tirtayasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang didirikan tahun 1983,” kata Dahlan Hadyan, mantan pembantu wakil ketua 1 Bidang Pendidikan STIB.

Diterangkan Dahlan yang saat ini menjababat ketua Yayasan STISIP Banten Raya, kampus STIB dibangun dari hasil sumbangan mahasiswa dan menjadi tempat kuliah kelas jauh sejumlah PTS di Jawa Barat seperti Unpad Bandung, STKIP Galuh Ciamis, STKIP Uninus Bandung. Pada tahun 1990 kata Dahlan perkuliahan STKIP Untirta dipindah ke Serang.

Tahun 1994 STIB Banten Raya berdiri dan menghasilkan banyak lulusan. Menurutnya, pada tahun 2007 di kampus yang sama dibuka perkulihan oleh STISIP Banten Raya. “STIB dan STISIP pernah bergabung dalam satu manajemen tapi kemdian STISIP memilih mandiri dengan nama yasayan dan kampus berbeda.

Setelah itu kami tidak tahu lagi manajemen STIB. Kalau melihat data dari kopertis STIB masih aktif,” beber Dahlan diamini Ketua STISP Banten Raya Dr Siswara. Terkait dengan alih fungsi kampus jadi perumahan, Dahlan dan Siswara mengaku tidak tahu menahu.

Namun keduanya sangat menyayangkan karena akan membuat lulusan STIB yang jumlahnya cukup banyak akan kebingungan saat akan legalisir ijazah. “Setahu kami dari STKIP Tirtayasa atau STIB itu banyak lulusan yang jadi pejabat seperti Pak Soleh Hidayat (Prof Dr Soleh Hidayat rektor Untirta) Pak Ino S Rawita Pejabat Dinas Pedidikan Banten, Pak Salman Sunardi kepala dinas pendidikan Pandeglang, pokonya banyak,” tegasnya. (muhaemin)