Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 504 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 618 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 491 | Komentar

Baca


Inspektorat Tingkatkan Kemampuan APIP



PANDEGLANG –  Inspektorat Kabupaten Pandeglang melaksanakan Sosialisasi Infrastruktur Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3 bertempat di Oproom Setda, Kamis (10/8).

Sosialisasi dilakukan karena peran APIP sangat penting dalam tata kelola pemerintahan, karena tugas pokok dan fungsi (tupoksi) APIP adalah melakukan pengawasan, pembinaan, pemeriksaan dalam pelaksanaan kegiatan atau program pemerintah terhadap institusi atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pj Sekda Pandeglang Feri Hasanudin mengatakan, secara garis besar peran APIP diharapkan dapat menjamin agar penyelenggaraan pemerintahan daerah dilaksanakan secara tertib, efisien, dan efektif. Sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan juga dapat mendorong terwujudnya pemerintahan yang baik, bersih dan, bebas dari penyimpangan dan penyalahgunaan, sehingga tercipta good governance dan clean government. “Kami berharap melalui kegiatan sosialisasi APIP mampu memberikan kontribusi dalam pengawasan dan pemeriksaan terhadap instansi/OPD sehingga penyelenggaraan pemerintah dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Feri menyatakan, APIP kedepan dalam penyelenggaraan aktivitas intern pemerintah bisa meningkat pada level selanjutnya sehingga program pemerintah di setiap OPD dapat berjalan dengan baik sesuai dengan sasaran dan tujuan. “Suatu pemerintahan dianggap berhasil bila peran dari APIP ini dalam menjalankan tugasnya optimal,” tambahnya.

Kepala Inspektorat Iskandar menyatakan, sosialisasi infrastruktur kapabilitas APIP adalah dalam rangka proses peningkatan kapabilitas APIP menuju level 3. Menurutnya ada peningkatan APIP dari level 2 naik ke tingkat selanjutnya. “Inspektorat akan terus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada para OPD, guna menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik serta meningkatkan kualitas  penyelenggaraan tugas dan fungsi pemerintah daerah,” jelasnya. (muhaemin)