Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 31 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 39 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 67 | Komentar

Baca


Akademisi Unma Pertanyakan Hak Angket


PANDEGLANG - Dekan FISIP Unma Banten, Eko Supriatno mengatakan, wacana penggunaan hak angket oleh sejumlah anggota DPRD Pandeglang patut dipertanyakan.

Soalnya kata Eko tidak semua persoalan termasuk dugaan banyaknya kebijakan bupati yang melanggar diobral ke ruang publik. “Wacana penggunaan hak angket memang bisa menjadi solusi tapi alangkah baiknya kalau ada dialog.

Namun konsep hak angket juga harus dipahami dengan baik dan biasanya berangkat dari cara berpikir pemerintah saat melaksanakan suatu undang-undang dan atau kebijakan berkaitan yang penting, strategis dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,” ujar Eko, Senin (11/9).

Eko mengingatkan tidak semua persoalan harus diobral ke ruang publik. Dalam konteks etika pejabat publik, ada masalah yang bisa diselesaikan melalui dialog dan lobi sehingga tidak menimbulkan kegaduhan. Sepertinya semangat tersebut yang tampaknya tidak dimiliki lagi oleh legislatif dan eksekutif.

“Idealnya semua kebijakan bisa transparan. Tapi, jika hanya menimbulkan keresahan atau kebisingan, masyarakat tetap yang akan menanggung kerugian,” tambahnya. Sementara itu, wacana pengusungan hak angket di internal DPRD terus menguat. Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Pandeglang,

Dede Sumantri misalnya mengatakan sudah ikut menandatangani hak angket. Namun Dede masih menunggu keputusan fraksi dan partainya mengenai arah hak angket tersebut. “Secara pribadi saya mendukung hak angket, namun jika fraksi dan partai berbeda maka saya akan mentaati partai,” ujar Dede saat ditemui usai acara istigosah bersama mendoakan muslim Rohingya di Jalan Kesehatan Pandeglang, kemarin siang. (muhaemin)