Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 507 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 629 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 496 | Komentar

Baca


Penderita HIV AIDS Cenderung Meningkat


PANDEGLANG - Jumlah penderita HIV AIDS di Kabupaten Pandeglang cenderung mengalami peningkatan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang mencacat tahun tahun 2016 pengidap HIV AIDS sebanyak 33 orang sedangkan pada tahun 2015 hanya 27 orang. Untuk data tahun ini, Dinkes belum melakukan evaluasi.

Dijelaskan Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Dinkes Pandeglang Agus Heriawan, berdasarkan pendataan, jumlah penderita HIV AIDS dari semua Puskesmas dan RSU Berkah, mengalami peningkatan. "Memang angkanya mengalami peningkatan dari 27 orang menjadi 33 orang, kalau untuk tahun 2017 masih dalam tahap pendataan," kata Agus, Rabu (4/10).

Menurutnya, penyebaran penderita HIV AIDS hampir merata di seluruh kecamatan. Namun dari 35 kecamatan terdapat tiga kecamatan dengan tingkat kerawanan penularannya sangat tinggi, yakni Kecamatan Labuan, Carita, dan Panimbang. "Untuk wilayah penderita tersebar di semua kecamatan dengan wilayah paling tinggi adalah didekat pantai," ujarnya.

Penderita HIV AIDS juga akibat mobilitas penduduk yang kian tinggi akibat dipicu perubahan perilaku, budaya serta gaya hidup masyarakat. Sehingga, menjadi bagian faktor pemicu meningkatnya penyebaran HIV/AIDS di masyarakat.

"Kami juga terus melakukan upaya agar penderita HIV AIDS mengalami penurunan, namun biasanya ada yang di provinsi yakni PPA, dan untuk di Pandeglang sendiri belum terbentuk, tetapi coba tanyakan saja ke kesra," terangnya.

Untuk menekan penyebaran virus HIV/AIDS juga Agus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam upaya pencegahan, dan penanggulangan AIDS di lingkungan masyarakat. "Tugas ini bukan hanya tanggungjawab Kami saja, tapi seluruh komponen masyarakat untuk turut serta memerangi penyebaran virus HIV/AIDS," terangnya.

Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Pandeglang Yusuf Baihaki menuturkan, untuk soal pembinaan dan pendampingan penderita HIV AIDS dilakukan Dinkes, tetapi untuk menurunkan angka tersebut Pemkab berencana melakukan pendampingan dengan cara membentuk Komite Perlindungan AIDS Indonesia (KPAI).

"Pembentukan KPAI ini diharapkan tahun 2017 bisa segera terbentuk, agar penderita HIV AIDS bisa mendapatkan pendampingan dan kesejahteraan yang layak," paparnya. (yanadi)