Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 117 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 161 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 616 | Komentar

Baca


Calon Kades Bakal Didiskualifikasi


PANDEGLANG – Kapolres Pandeglang AKBP Ary Satriyan mengingatkan para calon kepala desa (kades) yang akan mengikuti Pilkades serentak, 5 November mendatang, untuk tidak melakukan politik uang atau money politik. Jika ditemukan ada laporan dari masyarakat, maka polisi tidak akan segan-segan memprosesnya secara hukum.

“Kalau ada laporan (dugaan money politik) kami akan menerjunkan anggota untuk melakukan penyelidikan, kalau hasilnya memenuhi unsur pidana maka akan kita proses dan calon bersangkutan akan diamankan dan disanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas Kapolres, usai menghadiri deklarasi damai para calon di 108 desa, di Pendopo Pandeglang, Sabtu (28/10).

Deklarasi damai dilakukan untuk menghindari terjadinya konflik dan kecurangan terutama money politik menjelang dan selama pilkades. Tujuannnya untuk menyukseskan pelaksanaan pilkades serta mewujudkan kedaulatan rakyat sebagai implementasi dari negara demokratis.“Saya berharap Pilkades serentak tahun ini berjalan aman, lancar dan kondusif agar pelaksanaannya dapat menjadi contoh yang baik untuk masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita juga mengingatkan panitia Pilkades tingkat kecamatan dan desa bersikap netral. Irna juga meminta seluruh calon kades dapat menjaga kondusifitas, dan legowo ketika menerima kekalahan. “Saya berharap semua calon kades harus siap kalah dan menang, para pendukungnya juga dapat menjaga stabilitas keamanan baik sesudah maupun sebelum Pilkades,” paparnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Pandeglang Taufik Hidayat menuturkan, calon kades harus menghindari melakukan politik uang karena ancamannya sudah ditegaskan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tentang tata cara pencalonan, pemilihan, dan pemberhentian kepala desa. “Sesuai aturan yang ada, kalau para calon  melakukan kecurangan maka sanksinya akan didiskualifikasi,” kata Taufik.

Untuk menghindari tidak terjadinya politik uang, Taufik mengaku telah membentuk panitia tingkat kabupaten yang diisi jajaran penegak hukum, seperti kejaksaan, kepolisan dan TNI. Taufik juga meminta masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas.

“Tanpa politik uang Pilkades dapat berjalan sesuai harapan, aman dan kondusif. Saya harap masyarakat berperan aktif mensosialisasikannya karena langkah pencegahan praktik politik uang bisa dilakukan dari terkecil, seperti di lingkungan keluarga masing-masing,” ujarnya. (yanadi)