Crime News

Pelaku Utama Pembunuhan Siti Dituntut 10 Tahun

News image

SERANG - ER (18), terdakwa pembunuhan Siti Marhatusholihat (17), warga Ka...

Hukum & Kriminal | Rabu, 17 Januari 2018 | Klik: 23 | Komentar

Baca

Tabrak Mobil, Pengendara Motor Tewas

News image

SERANG- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ko...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 91 | Komentar

Baca

Babeh Terancam 15 Tahun

News image

JAKARTA- Kembali terjadinya kasus sodomi membuat khawatir beberapa pihak. Menteri Pe...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 68 | Komentar

Baca


Warga Desa Batuhideng Bakal Disimulasi PHBS


CIMANGU - warga Desa Batuhideng, Kecamatan Cimanggu, yang masih biasa dolbon (modol di kebon) akan diberikan simulasi tentang prilaku hidup sehat dan bersih.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengaku, sudah mengintruksikan dinas terkiat untuk segera melakukan simulasi mengajak masyarakat tidak lagi dolbon, dan membiasakan membuang air besar pada tempatnya.

“Simulasi ini perlu dilakukan. Dengan adanya simulasi memicu mereka untuk tidak lagi seperti itu (dolbon-red),” kata Irna, ditemui usai acara mobilisasi kader muslimat Nahdatul Ulama (NU) dirangkaian Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Aula MUI Pandeglang, Senin (13/11).

Irna juga berjanji akan menyediakan beberapa kebutuhan untuk masyarakat di Kecamatan Cimanggu dengan memberikan program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Sanitasi, dan Mandi Cuci Kakus (MCK), dengan harapan masyarakat bisa menerapkan germas. “Memang ini tidak mudah, tetapi kami harus menyiapkan fasilitas itu. Kami berharap semua sadar untuk hidup sehat,” janjinya.

Menurutnya, menerapkan hidup sehat merupakan hal terpenting yang didambakan setiap orang. Katanya, dalam menjaga kesehatan juga harus dilakukan pengecekan karena merupakan modal untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “Untuk membiasakan hidup sehat sebenarnya mudah yang dilakukan setiap hari oleh kita, diantaranya dapat memilih makanan sehat dan tidak mengandung pengawet. Jadi kesehatan kita harus dijaga,” katanya.

Kepala Dinkes Pandeglang Didi Mulyadi mengaku, akan berupaya mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat karena mengubah perilaku masyarakat untuk tidak dolbon diperlukan kerja sama. “Sebetulnya kalau masalah dolbon perlu kerja bareng. Perilaku warga tidak bisa diubah oleh dinas kesehatan, tetapi dari masing-masing masyarakat itu sendiri. Kesehatan sekarang ini menjadi perhatian kami dengan mengadakan festival rumah sehat,” tuturnya. (yanadi)