Crime News

Pelaku Utama Pembunuhan Siti Dituntut 10 Tahun

News image

SERANG - ER (18), terdakwa pembunuhan Siti Marhatusholihat (17), warga Ka...

Hukum & Kriminal | Rabu, 17 Januari 2018 | Klik: 26 | Komentar

Baca

Tabrak Mobil, Pengendara Motor Tewas

News image

SERANG- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ko...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 94 | Komentar

Baca

Babeh Terancam 15 Tahun

News image

JAKARTA- Kembali terjadinya kasus sodomi membuat khawatir beberapa pihak. Menteri Pe...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 69 | Komentar

Baca


Jumlah Kursi Per Dapil Bakal Berubah


PANDEGLANG – Jumlah kursi dewan di masing-masing daerah pemilihan (dapil) di pandeglang bakal berubah. Hal ini terjadi karena perubahan jumlah penduduk atau pemilih.

Divisi Teknis KPU Banten Saeful Bahri mengatakan, berdasarkan informasi yang pihaknya terima, jumlah penduduk di beberapa dapil di Pandeglang saat ini turun, jika dibandingkan dengan Pileg 2014 lalu.
“Sesuai informasi yang kami terima kursi untuk Dapil 1 DPRD Pandeglang berkurang yang tadinya 10 menjadi 9.

Dapil 4 justru jumlah penduduknya naik signifikan, dan jumlah kursinya bertambah yang tadinya 7 menjadi 8, tetapi meski ada penurunan dan pengurangan, jumlahnya tetap sama masih 50 kursi,” ujar Saeful usai rapat kerja penyusunan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi pemilihan umum anggota DPRD tahun 2019 yang digelar KPU Pandeglang, di salah satu hotel di Pandeglang, Selasa (5/12).

Acara untuk memberitahukan tata cara mendata jumlah penduduk di setiap dapil yang disesuaikan dengan data agregat kependudukan (DAK) per kecamatan ini juga dihadiri sejumlah perwakilan partai politik (parpol).

Saeful menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan KPU Pandeglang ini bertujuan untuk melakukan pendataan dapil dan alokasi suara berdasarkan DAK karena akan diserahkan Kemendagri ke KPU RI pada tanggal 17 Desember 2017. “Dari data itu akan ketahuan karena data kependudukan per kecamatan digabung menjadi satu dapil, makanya agar data itu bisa secepatnya selesai KPU kabupaten/kota melaksanakan kegiatan ini,” kata Saeful.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai, menyatakan, acara yang dilaksanakannya tersebut sesuai PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2019. Menurutnya, untuk jumlah penduduk Pandeglang yang sudah diserahkan Disdukcapil ke KPU mencapai 1.175.148 jiwa.
Sujai belum bisa memastikan data jumlah penduduk karena masih menunggu informasi dari pusat. “Data jumlah penduduk ini tidak bisa digunakan karena kami menunggu data dari KPU RI melalui Kemendagri,” terangnya. (yanadi)