Crime News

Pelaku Utama Pembunuhan Siti Dituntut 10 Tahun

News image

SERANG - ER (18), terdakwa pembunuhan Siti Marhatusholihat (17), warga Ka...

Hukum & Kriminal | Rabu, 17 Januari 2018 | Klik: 26 | Komentar

Baca

Tabrak Mobil, Pengendara Motor Tewas

News image

SERANG- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ko...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 94 | Komentar

Baca

Babeh Terancam 15 Tahun

News image

JAKARTA- Kembali terjadinya kasus sodomi membuat khawatir beberapa pihak. Menteri Pe...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 69 | Komentar

Baca


Tak Ada Soal, UAS Batal Digelar


PANDEGLANG – Hari kedua Ujian Akhir Semester (UAS) bagi siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Pandeglang batal digelar, Selasa (5/12). Batalnya UAS tersebut akibat keterlambatan distribusi soal dari percetakan.

Pantauan Banten Raya di SDN Saruni 2 dan SDN Pandeglang 3, sekitar pukul 12.00, kondisi sekolah sudah sepi. Siswa sudah pulang. “Anak-anak sudah pada pulang pak. Saya juga baru dapat informasi tadi pagi dari UPT Dinas Pendidikan, hari ini (kemarin-red) tidak ada soal UAS. Mungkin hari Kamis sudah ada, nanti ada waktu tambahan,” kata Kepala SDN Saruni 2, Susilawati, kemarin.

Meski soal UAS tidak ada, Susilawati mengklaim, kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa tetap jalan. Pihak sekolah mengantisipasi dengan cara memberikan pelajaran seperti biasa. Menurutnya, tidak adanya soal UAS juga baru pertama kali terjadi. “Sekolah belajar seperti biasa, tadi diisi oleh muatan lokal. Tidak ada gangguan. Memang belum pernah kayak gini, baru kali ini. Mungkin terkendala di percetakannya,” ujarnya.

Kepala Dindikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Pandeglang, Olis Sholihin, membenarkan, adanya keterlambatan distribusi soal ujian dari pihak percetakan, yang dikerjakan oleh Firdaus, Jakarta. Ia memastikan, hanya terjadi di beberapa sekolah saja keterlambatan pengiriman soal itu. “Hasil laporan yang saya terima dari korwas (koordinator pengawas), soal UAS yang tidak ini akibat dari percetakan. Itu pun hanya wilayah Pandeglang saja,” katanya.

Olis mengaku, sudah mengumpulkan kepala UPT dan korwas untuk memastikan UAS akan kembali dilaksankan pada Kamis (7/12). Untuk mengisi kekosongan waktu, pihaknya sudah meminta sekolah untuk memberikan pelajaran ekstrakulikuler. “Sudah saya panggil. Hari Kamis pasti naskah soal ujian sudah ada, ini juga tidak akan adanya kebocoran masalah soal karena ini kan bukan Ujian Nasional (UN),” terangnya.

Olis juga tidak ikut terlibat dalam mengkoordinir percetakan karena langsung diserahkan ke pengawas SD, dengan anggaran yang digunakan menggunakan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) disesuaikan dengan jumlah siswa. “Tidak, cuma kemarin pembukaan UAS ini saya hadir. Terus anggarannya juga diberatkan ke sekolah melalui dana BOS,” ujarnya. (yanadi)