Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 100 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 69 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 92 | Komentar

Baca


Warga Carita Bersihkan Sampah Pantai Karangsari


PANDEGLANG – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kelautan (KLHK) bersama warga Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang membersihkan sampah di pesisir Pantai Karangsari Carita, Rabu (6/12). Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 ini bertujuan untuk menjaga kebersihan pantai serta meningkatkan kesadaran warga dan pihak pengusaha wisata dalam menjaga lingkungan laut.

Plh Direktur Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Laut KLHK Heni Agustina menyatakan, kegiatan bersih-bersih lingkungan pantai perlu dilakukan secara berkelanjutan karena kondisi sampah yang mencemari laut akan menjadi ancaman bagi perkembangan ekosistem laut. “Sekitar 80 persen sampah yang ada di pesisir dan laut bersumber dari masyarakat. Untuk mengantisipasi terjadinya pencemaran, maka harus dilakukan bersih-bersih,” kata Heni, ditemui di sela-sela acara.

Menurutnya, pencemaran sampah di laut terutama sampah plastik menjadi masalah serius yang harus diatasi, agar kelestarian laut tetap terjaga, sehingga perkembangan ekosistem laut tidak terganggu. Bahkan, wisatawan yang berkunjung juga bisa lebih nyaman. “Sampah itu menjadi ancaman bagi ekosistem laut, selain itu dapat menurunkan kualitas perairan yang nantinya berujung kepada status lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Ia menjelaskan, banyaknya sampah di pesisir laut juga diakibatkan masih minimnya kesadaran masyarakat karena saat ini masih banyak sampah yang dibuang ke laut. Heni berharap, pemerintah untuk berupaya menjaga dan mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai dan laut. “Salah satu upaya menjaga kelestarian laut memang melalui bersih-bersih pantai. Kami terus berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan laut,” jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang Anwari Husnira mengatakan, masih banyaknya sampah yang memenuhi lautan atau pesisir pantai diakibatkan rendahnya kesadaran warga dalam menjaga lingkungan laut. Anwari mengaku, sudah berupaya mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. “Memang kesadaran masyarakat perlu kita tingkatkan. Upaya yang kita lakukan membentuk petugas kebersihan di tingkat kecamatan, tujuannya untuk melakukan kegiatan kebersihan," tuturnya. (yanadi)