Crime News

Pelaku Utama Pembunuhan Siti Dituntut 10 Tahun

News image

SERANG - ER (18), terdakwa pembunuhan Siti Marhatusholihat (17), warga Ka...

Hukum & Kriminal | Rabu, 17 Januari 2018 | Klik: 26 | Komentar

Baca

Tabrak Mobil, Pengendara Motor Tewas

News image

SERANG- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ko...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 94 | Komentar

Baca

Babeh Terancam 15 Tahun

News image

JAKARTA- Kembali terjadinya kasus sodomi membuat khawatir beberapa pihak. Menteri Pe...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 69 | Komentar

Baca


Birokrat Jangan Hanya 4D


PANDEGLANG – Anggota DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah mengingatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pandeglang untuk membuat perencaaan anggaran dengan matang.

Suami orang nomor satu di Pandeglang itu juga meminta OPD untuk membuat Rencana Kerja Anggaran (RKA) di awal tahun 2018. Demikian dikatakan Dimyati, saat memberikan arahannya dalam acara Hari Bela Negara di Oprom Setda Pandeglang, Rabu (20/12). “Iya betul. Ini prinsip-prinsip bela negara, dari rakyat untuk rakyat. Mereka (pegawai-red) digaji oleh rakyat, pemberdayaan aparatur dan masyarakat harus berkelanjutan,” kata Dimyati kepada Banten Raya, kemarin.

Dimyati juga menilai kinerja OPD di lingkungan pemkab saat ini dirasa belum maksimal. “Masih kurang, buktinya Pandeglang masih tertinggal. Saya berharap dengan adanya pelatihan sekarang ini dapat mendorong mereka supaya bekerja dengan semangat. Hitung manfaatnya untuk masyarakat banyak, harus ada skala prioritas. Bagaimana memberikan kepuasan kepada publik.

Pembangunan infrastrutur jalan juga, kita harus melihat mana yang dilalui kendaraan banyak, termasuk bantuan hibah, jangan itu-itu mulu. Contohnya, disini kebutuhannya untuk 1.000 orang, tapi disana hanya buat 100 orang, berarti yang menjadi prioritas adalah yang 1.000 orang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, birokrasi pada zaman penjajahan dan kolonial terdahulu saat perang membawa bambu runcing untuk mengusir panjajah demi merebut kemerdekaan, sehingga para pegawai harus bisa memberikan inovasi dan gagasannya untuk membangun Pandeglang ke arah yang lebih maju.

“Ada beberapa prinsip yang saya sampaikan dalam bela negara yang menyongsong secara nasional. Di zaman reformasi dan restorasi sekarang ini, bela negara harus menjadi yang profesional, semangat, kreatif, dan betul-betul bisa bermanfaat untuk orang banyak. Birokrasi ini jangan hanya D4 (datang, duduk, diam, dan duit). Harus ada hasil karya,” jelasnya.

Sekda Pandeglang Fery Hasanudin mengaku, sudah meminta OPD untuk membuat perencanaan dengan baik, karena dengan adanya program kegiatan di tahun-tahun sebelumnya yang belum dilaksanakan harus menjadi perhatian dan evaluasi.

“Memang beliau (Dimyati-red) memberikan masukan. Beliau mantan bupati Pandeglang serta cukup pengalaman, banyak persoalan positif yang disampaikan. Artinya, membuat perencanaan harus dari awal, jangan sampai tahun lalu terulang lagi, dan saat ini sedang kita laksanakan agar lebih optimal,” tuturnya. (yanadi)