Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 113 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 159 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 615 | Komentar

Baca


PDAM Berencana Gandeng Badan Usaha Swasta


SERANG – Persusahaan Daerah Air Miunum (PDAM) Tirta Al Bantani akan mengembangkan sistem penyediaan air minum (SPAM) melalui kerjasama investasi mekanisme business to business atau kerjasama pemerintah badan usaha (KPBU). Dengan kerjasama tersebut, diharapkan dalam lima tahun ke depan PDAM Tirta Albantani dapat mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Direktur PDAM Tirta Al Bantani Kabupaten Serang Wahyu Prihantono mengatakan, jumlah pelanggan PDAM saat ini sebanyak 30.979 pelanggan yang tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Serang dan dua kecamatan di Kota Serang. “Cakupan pelayanan air melalui perpipaan baru mencapai 12,4 persen. Target tersebut tertinggal dari yang dicanangkan pemerintah pusat yaitu sebesar 80 persen,” kata Wahyu, Senin (13/11).

Ia mengungkapakan, pelayanan PDAM Tirta Al Bantani mempunyai kapasitas desain 888 liter per detik, namun yang baru digunakan sebanyak 492 liter per detik dan sisanya belum dimanfaatkan. “Diperlukan penyusunan program sebagai arah dalam perkembangan dan perbaikan perusahaan dengan mengajak badan usaha untuk melakukan kerjasama dalam pembangunan infrastruktur air minum di Kabupaten Serang ini,” ujarnya.

Bupati Serang Rt Tatu Chasanah mengatakan, setelah diterbitkannya Peraturan Presiden (PP) Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur, PDAM diperkenankan mencari mitra kerjasama.

“Dalam sektor air minum telah terbit peraturan pemerintah Nomor 122 tahun 2015 tentang SPAM yang memperbolehkan adanya kerja sama penyelenggaraan SPAM antara BUMD dengan badan usaha swasta dengan prinsip tertentu,” kata Bupati.

Ia menuturkan, PDAM Tirta Albantani sebagai salah satu BUMD berupaya memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat dengan melakukakan perbaikan kebocoran-kebocoran, serta optimalisasi penyediaan air bersih.
“Guna mencapai hasil yang optimal dalam pelaksanaan kerjasama pemerintah badan usaha diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang andal, yang mampu melakukan penanganan dan pengawasan KPBU,” paparnya. (tanjung)