Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 72 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 56 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 80 | Komentar

Baca


Satu Jam, Golkar Langsung Lolos Verifikasi


SERANG
– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang telah selesai melakukan verifikasi faktual (verfak) 14 partai politik (parpol) tingkat Kabupaten Serang. Meski semua parpol telah dinyatakan memenuhi syarat (MS), namun beberapa parpol sempat ada yang kekurangan persyaratan terkait keterwakilan 30 persen perempuan. Namun hasil resmi verfak tersebut akan diumumkan hari ini (2/2).

Kemarin, KPU melakukan verifikasi PKS, Golkar, PPP, Demokrat, PBB dan PKB. Verifikasi faktual di kantor Golkar Kabupaten Serang di Jalan Ahmad Yani, Kota Serang, tergolong paling riuh dibandingkan dengan partai lain. Golkar menghadirkan seluruh pengurus dari 29 kecamatan. Verifikasi pun dilakukan tak terlalu lama. Setelah satu jam didata, Golkar dinyatakan memenuhi syarat seluruhnya mulai dari keterwakilan perempuan, vadilitas pengurus, dan status kantor.

“Sampai saat ini kalau kita lihat secara keseluruhan parpol sudah memenuhi syarat (MS) semua, baik itu kepengurusan, keanggotaan juga sudah, keterwakilan perempuan juga ada, dan kemudian status kantor juga jelas,” kata Ketua KPU Kabupaten Serang Muhammad Nasehudin, Kamis (1/2).

Sementara itu, anggota Panwaslu Kabupaten Serang Abdurohman mengatakan, verfak parpol yang dilakukan KPU Kabupaten Serang sudah sesuai aturan yang ada dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). “Apa yang dilakukan KPU sudah sesuai, tapi memang tadi (kemarin-red) ada diskusi kecil soal alamat salah satu anggota parpol yang tidak sesuai antara yang ada di sipol dengan alamat yang ada di KTPel, kami minta agar segera diperbaiki,” ujar Oman.

Terkait dengan keterwakilan perempuan, Oman menjelaskan, dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2017 untuk di kabupaten/kota dijelaskan yang terpenting terperhatikan, sedangkan untuk DPP wajib terpenuhi 30 persen. “Kami hanya memastikan bahwa aturan yang ada di PKPU tidak boleh tidak harus dijalankan, seperti ada kantor papol yang sudah pindah, tapi di sipol yang terdaftar kantor lama, maka mau tidak mau harus pindah dulu ke kantor yang lama,” paparnya.

Ketua DPD Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim mengatakan bahwa pihaknya memang sudah mempersiapkan jauh-jauh hari verifikasi faktual. "Kita serius menyambut pemilu baik pemilu presiden maupun pemilu legislatif," katanya. Selepas verifikasi faktual, Golkar akan langsung tancap gas merekrut bakal calon legislastif.

Ketua DPC PPP Kabupaten Serang Heri Azhari yang parpolnya telah  memenuhi syarat mengatakan, setelah proses verfak telah selesai dilakukan, pihaknya akan konsentrasi pada rekrutmen bacaleg yang akan dipasang pada 2019 mendatang. “Fokus kita selanjutnya rekrutmen bacaleg, kalau untuk internal sudah terpenuhi tinggal bacaleg dari eksternal 45 persen yang harus dilakukan seleksi. Target kita lima kursi di 2019,” katanya. (fikri/tanjung)