Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 83 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 60 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 86 | Komentar

Baca


Cipatakan Wirausaha Berbasis Ekonomi Umat


SERANG
– Untuk mewujudkan kemandirian umat melalui kegiatan wirausaha, Majelis Ulama Indonesia (MUI) membentuk minimarket yang bertujuan untuk memberdayakan umat Islam. Minimarket tersebut diberi nama lembaga ekonomi umat atau LEUMart.

Ratusan orang yang terdiri dari perwakilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), para pemuda, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum berkumpul di aula Tb Suwandi, Pemkab Serang di Jalan Veteran Nomor 1, Kota Serang. Mereka berkumpul untuk mengikuti sosialisasi rencana pembentukan minimarket yang dinamakan LEUMart.

LEUMart digagas dan dibentuk oleh MUI sebagai upaya memberdayakan umat Islam. Gagasan itu berangkat dari banyaknya minimarket seperti Alfamart dan Indomaret yang terus menjamur di Indonesia tidak terkecuali di Kabupaten Serang. Sementara umat Islam hanya menjadi konsumen.

Sebanyak 1.000 gerai LEUMart se-Jabotabek dijadwalkan bakal dilaunching pada 11 Maret mendatang di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang di kediaman Ketua MUI Ma'ruf Amin oleh Presiden RI Joko Widodo. “LEUMart ini sayap bisnis MUI untuk membina jiwa bisnis umat dengan pendekatan minimarket. LEUMart ini lebih kepada bantuan permodalan,” ujar Pandji Tirtayasa, Wakil Bupati Serang, Kamis (8/2).

Tidak terlalu sulit untuk memiliki usaha minimarket tersebut, bagi yang mereka ingin memulai usahanya, cukup menyiapkan tempat dan paket kesiapan modal yang dimiliki, yaitu dari mulai Rp12 juta sampai dengan Rp99 juta. Sedangkan untuk fasilitas seperti rak, komputer dan yang lainnya disiapkan oleh LEUMart pusat.

“Untuk paket kesiapan Rp12 juta barang yang disiapkan senilai Rp20 juta, untuk paket kesiapan Rp25 juta barang yang disiapkan Rp50 juta, untuk paket kesiapan Rp60 juta barang yang disiapkan senilai Rp100 juta, dan paket kesiapan Rp99 juta barang yang disiapkan senilai Rp200 juta,” ujarnya.

Sedangkan harga yang akan diberikan jauh lebih bersaing dengan harga yang ada pada minimarket pada umumnya, karena harga yang diberikan yaitu harga warung. “Keuntungan bagi mitra di daerah cukup tinggi yaitu 11 persen. Kita berharap masyarakat Kabupaten Serang bisa ikut serta memulai usaha saat launching nanti,” tuturnya.

Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin berharap, LEUMart dapat mampu bersaing dengan minimarket yang saat ini sudah banyak di Kabupaten Serang. “Ini program MUI yang sangat bagus, jadi harus disambut baik. Jangan sampai ekonomi kita dikuasai Alfamart dan Indomaret saja,” katanya.(TANJUNG)