Investasi 2017 Tembus Rp 39,8 T

syamsul Hadi   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 15 Maret 2018 - 18:16:31 WIB   |  dibaca: 81 kali
Investasi 2017 Tembus Rp 39,8 T

Industri Menggeliat: Pengembangan PLTU Suralaya di Kecamatan Pulomerak, menjadi dalah satu penyokong pertumbuhan investasi di Kota Cilegon, Rabu (14/3).

CILEGON - Cilegon sebagai kota industri setiap tahun mengalami pertumbuhan investasi. Sepanjang 2017 lalu, realisasi investasi di Kota Cilegon ternyata cukup tinggi, yakni mencapai Rp 39,8 Triliun. Jumlah tersebut disebut-sebut naik sebesar 35,3 persen dari 2016.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon Dana Sujaksani mengatakan, realisasi investai di 2017 sebesar Rp 39,8 Triuliun. Jumlah tersebut terlihat dari data izin prinsip yang dikeluarkan sepanjang 2017 lalu. Dimana, investasi didominasi oleh Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 36,5 Triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 3,3 Triliun. Jadi, total Rp 39,8 triliun. "Itu terdiri dari 29 perusahaan PMA, dan 35 perusahaan PMDN," kata Dana kepada Banten Raya, Rabu (14/3).

Menurut
Dana, pertumbuhan investasi hingga 2017 lalu untuk PMA sudah mencapai Rp 150,7 triliun. Sementara, untuk PMDN sebesar Rp 26,09 triliun. "Total pertumbuhan investasi Rp 176,8 triliun," tuturnya.

Dijelaskan Dana, izin usaha yang dikeluarkan DPMPTSP mencapai 161 perusahaan dengan investasi PMA dan 47 perusahaan dari PMDN. "Total 208 perusahaan," jelasnya.

Dana menegaskan, nilai investasi dapat diketahui setelah perusahaan mengajukan perizinan. Salah satu investasi yang bernilai besar adalah PT Lotte Chemical Titan. Sementara, untuk rencana perluasan PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) sampai saat ini belum masuk ke DPMPTSP, sehingga belum diketahui nilai investasinya.

"Pertumbuhan investasi sendiri 35,3 persen dibandingkan 2016," tegasnya.

Dana menambahkan, iklim usaha di Kota Cilegon saat ini juga kondusif, sehingga investasi berpotensi akan kembali naik pada tahun 2018.

Sementara itu, Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) PT Lotte Chemical Titan, Nurman mengatakan, informasi terkahir memang investasi yang akan masuk di Cilegon sekitar Rp 52 triliun. Namun, Ia juga belum mengetahui secara jelas apakah investasi sebesar itu hanya untuk tahun ini atau beberapa tahun ke depan. "Saya rasa juga nilai investasinya bisa lebih dari Rp 52 triliun karena rencana pengembangan lagi," katanya.

Ruslan menegaskan, saat ini untuk pembangunan pabrik baru masih dalam proses perizinan. PT Lotte Chemical Titan sendiri saat ini merupakan perusahaan penghasil bijih besi sebagai bahan untuk pembuatan baja. "Saat ini masih dalam proses perizinan, kita berharap tahun ini sudah mulai pembangunan," tegasnya. (gillang)

 

Profil syamsul Hadi

syamsul Hadi

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook