Gondol Besi Bekas, Duet Maling Ditangkap

nurul roudhoh   |   Hukum  |   Jumat, 16 Maret 2018 - 10:53:20 WIB   |  dibaca: 364 kali
Gondol Besi Bekas, Duet Maling Ditangkap

Diperiksa: Dua pelaku pencuri besi bekas di PT Krakatau Posco yang diamankan oleh petugas Polsek Ciwandan sedang dimintai keterangan, Kamis (15/3). Ainul Gillang / Banten Raya

CILEGON - Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Ciwandan, Kota Cilegon berhasil mengamankan dua maling yang berduet menggondol besi bekas di PT Krakatau Posco. Dua maling berinisial IK (30) dan EC (26), mengambil besi bekas seberat 200 kilogram.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh Banten Raya, Kamis (15/3), IK dan EC diamankan oleh petugas keamanan PT Krakatau Posco, Rabu (14/3) sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu, kedua pencuri besi bekas milik PT Krakatau Posco tersebut menggunakan kendaraan roda empat hendak keluar darai kawasan pabrik PT Krakatau Posco. Saat dilalukan pemeriksaan di Gate I PT Krakatau Posco, ditemukan barang berupa potongan besi bekas yang beratnya sekitar 200 kilogram tanpa surat jalan.
Kemudian, dua pelaku tersebut diperiksa oleh petugas keamanan PT Krakatau Posco. Pada Kamis (15/3), kedua pelaku diserahkan oleh pihak keamanan PT Krakatau Posco kepada Polsek Ciwandan untuk penanganan lebih lanjut, setelah terbukti mencuri barang milik perusahaan penghasil baja ini.

Kepala Unit (Panit) I Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Ciwandan Iptu Sudibyo Wardoyo mengatakan, pihaknya telah menerima dua pelaku pencurian besi bekas di PT Krakatau Posco. Bukan hanya itu, pihak keamanan perusahaan juga membawa serta barang bukti berupa potongan besi bekas dan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut.
"Barang bukti ada besi seberat 200 kilogram, mobil Daihatsu Grand Max warna putih dengan nopol (nomor polisi) A-8011-SS. Itu diserahkan ke kami tadi (kemarin -red) sekitar pukul 10.20 WIB," kata Sudibyo saat ditemui di Mapolsek Ciwandan.

Sudibyo menjelaskan, kedua pelaku pencurian besi bekas berusahan mengeluarkan besi bekas dari PT Krakatau Posco dengan cara menyimpang di bawah karpet yang ada di kabin mobil dan ditutup triplek di bak mobil. "Mereka ketahuan pas mau keluar pabrik, menjalani pemeriksaan oleh security ada besi bekas di mobil, tapi tidak ada surat jalannya," jelasnya.

Kedua pelaku pencurian, lanjut Sudibyo, masih menjalani pemeriksaan oleh pihaknya. Pelaku berinisial  IK (30) dan EC (26). IK warga Lingkungan Cigading, Kelurahan Tegalratu, Ciwandan. EC sendiri merupakan warga Kampung Cijalu, Desa Sindangmulya, Kecamatan Mulya, Kabupaten Lebak, yang juga karyawa di PT Gemilang Secerah Ceria, yang sedang melakukan pekerjaan di PT Krakatau Posco.
"Kita masih mengali informasi, barang itu (besi bekas -red) akan dijual kemana. Selain memeriksan dua pelaku kita juga mencari informasi dari saksi yaitu tiga orang security PT Krakatau Posco," ucapnya.

Pelaku berinisial IK saat diinterograsi petugas Polsek Ciwandan mengaku baru pertama kali melakukan pencurian besi bekas di PT Krakatau Posco. Ia mencuri lantaran, melihat adanya besi bekas yang tergeletak di sekitar pabrik. Ia juga sudah mengetahui lokasi pencurian lantaran bekerja di tempat tersebut. "Spontan saja saya ngambil (besi bekas -red), itu yang digunakan juga mobil PT GSC dan sopirnya juga," terangnya.

IK menambahkan, besi bekas yang Ia curi hendak dijual ke lapak besi bekas yang ada di Cigading, Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan. Alasan mencuri, karena untuk tambahan membeli rokok. "Satu kilogramnya besi bekas itu Rp 3 ribu," tambahnya. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook