Warga Perumnas Gelar Pesta Demokrasi

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 19 Maret 2018 - 15:03:13 WIB   |  dibaca: 161 kali
Warga Perumnas Gelar Pesta Demokrasi

PILIH KETUA RT : Warga Perumnas Cibeber memilih ketua RT melalui agenda Pemilihan Umum (Pemilu0, kemarin.

CIBEBER - Warga Rukun Tetangga (RT) 01/10, Lingkungan Perumahan Nasional (Perumnas) Bumi Cibeber Kencana melakukan pemilihan ketua RT dengan cara Pemilihan Umum (Pemilu) langsung layaknya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar di Sekretariat RW 10, Kelurahan/Kecamatan Cibeber. Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.


Ketua RW 10, Kelurahan/Kecamatan Cibeber, Sumarmo mengatakan bahwa pemilihan ketua RT itu merupakan bagian dari pembelajaran politik tingkat dasar bagi masyarakat.
"Ini merupakan bagian dari pembelajaran politik untuk Warga, sehingga nantinya ketika menghadapi Pilkada dengan Pemilihan Presiden (Pilpres), warga bisa lebih dewasa dalam berpolitik," katanya kepada Banten Raya akhir pekan kemarin.


Selain itu, tambah Sumarmo, pembelajaran demokrasi itu juga terutama dalam proses pesta demokrasi tampa politik uang atau money politic. "Belajar berdemokrasi dari bawah. Kalau kita sudah mengajarkan no money dari bawah, kami yakin demokrasi dengan skala besar, seperti Pilpres juga tidak akan terjadi money politic," tambahnya.


Sumarmo menjelaskan, pemilihan Ketua RT itu sebagai perwujudan dari bergunanya bangunan sekretariat yang merupakan sumbangan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. "Kegiatan ini juga merupakan bagian dari pemanfaatan bangunan sekretariat ini. Pembangunan yang merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Cilegon ini sengaja digunakan untuk kepentingan hajat Warga RW 10. Sekarang dalam pemilihan ketua RT 01 sengaja kita manfaatkan fasilitas gedung ini sebagai tempat berkumpulnya warga," jelasnya.


Dalam hal ini, Sumarmo berharap, pemilihan ketua RT tersebut dapat dijadikan percontohan untuk RT lain di Kota Cilegon untuk melibatkan warga sebagai upaya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. "Dengan adanya pemilihan ketua RT secara demokrasi ini diharapkan menjadi percontohan untuk pemilihan ketua RT lain melalui cara demokrasi, sehingga melibatkan Warga dalam pemilihan dan nantinya diharapkan mampu menyatukan warga dalam proses kegiatan RT yang akan datang," katanya. (tasir)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook