28 Persen Berkendara Sambil Gunakan Ponsel

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 20 Maret 2018 - 12:34:00 WIB   |  dibaca: 424 kali
28 Persen Berkendara Sambil Gunakan Ponsel

SERANG - Perkembangan teknologi ternyata juga memengaruhi perilaku pengendara. Dalam Operasi Keselamatan Kalimaya 2018, Satuan Lantas Polres Serang memberikan teguran kepada ratusan pengendara yang terpergok menggunakan ponsel sambil mengendarai motor atau mobil.


Kasatlantas Polres Serang Kota AKP Ali Rahman Cipta Perwira menyebut dari 2.150 pelanggaran, 28 persen pelanggar ditegur karena berkendara sambil menggunakan ponsel. Menurut Ali, menggunakan ponsel saat berkendara bukan hal aneh lagi dilihat di jalan raya.

 

Padahal, menurut Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi. Kebiasaan penggunaan ponsel itu bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas. "Penggunaan ponsel sudah menjadi kebiasaan yang dianggap sepele oleh pengendara. Jika dilihat dari aturan, jelas pengendara dilarang menggunakan ponsel. Meski sampai saat ini kami belum menerima laporan adanya kecelakaan akibat penggunaan ponsel," ujarnya.


Ali mengungkapkan dari beberapa data yang diperolehnya, kecelakaan lalulintas di wilayah Kota Serang lebih pada faktor human error. Berkendara tidak berhati-hati dan melaju di atas kecepatan yang cukup tinggi. "Data dua pekan terakhir ini, kasus kecelakaan ada 12 kasus, dengan korban meninggal dunia 4 orang, luka berat 1 orang dan luka ringan 11 orang. Rata-rata mereka terburu-buru dalam berkendara," ungkapnya.


Lebih lanjut, Ali mengimbau kepada masyarakat untuk tertib dan disiplin berlalu lintas termasuk saat mengendarai motor maupun mobil. Sebab dalam kasus ini pihaknya tidak akan segan melakukan penilangan terhadap pelanggarnya.


"Untuk saat ini hanya sebatas teguran, karena sesuai dengan tujuan dari operasi keselamatan. Tapi jika masih tetap melanggar, kita pasti akan melakukan penilangan," katanya.
Kasatlantas Polres Cilegon AKP Fikri Ardiansyah mengatakan hal yang sama. Menurutnya, petugas akan menindak langsung jika ada pengendara yang menggunakan ponsel. “Ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan,” tegas Fikri.


Menurut Fikri, pengoperasian ponsel saat mengendarai sepeda motor tidak bisa dibiarkan. Sebab, hal itu akan membahayakan pengguna jalan, baik diri sendiri maupun orang lain. “Di Cilegon sudah dilakukan penindakan, itu (Menggunakan Ponsel saat berkendara -red) salah satu dari tujuh poin pelanggaran saat berkendara yang harus kita tindak,” terangnya.


Ditambahkannya, selama ini belum ada laporan resmi terkait kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara bermain ponsel. “Bisa saja sudah ada, tapi tidak melapor ke kita. Tapi, penggunaan ponsel saat berkendara sangat membahayakan karena memecah konsentrasi,” tuturnya. (darjat/gillang)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook