FTBM Harus Mampu Gerakkan Literasi di Banten

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 20 Maret 2018 - 12:56:17 WIB   |  dibaca: 616 kali
FTBM Harus Mampu Gerakkan Literasi di Banten

PELANTIKAN : Pengurus wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Banten menerima surat keputusan pengangkatan oleh Ketua FTBM Pusat, di Kantor DPK Banten, kemarin.

SERANG - Pengurus Wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat (PW FTBM) Provinsi Banten resmi dilantik oleh Pengurus Pusat FTBM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) Provinsi Banten, Senin (19/3).


Acara ini dihadiri oleh para pegiat literasi di Banten,  juga Kepala DPK Provinsi Banten, Ajak Moeslim, perwakilan dari Polda Banten serta Ketua FTBM Pusat, FirmanVenayaksa.
Ajak berharap, dengan dilantiknya PW FTBM Provinsi Banten kembali mengokohkan dan menancapkan komitmen bersama untuk menggerakan litetasi di Banten. Dia juga ingin agar pegiat literasi berjalan bersama untuk Banten yang lebih baik.


"Jika diibaratkan FTBM ini seperti sapu lidi. Jadi para pengurus tidak bisa bekerja sendirian. Lidi kalau satu enggak bisa apa-apa, tapi ini forum atau kelompok yang kegiatannya bersama-sama. Lidi juga jika disatukan akan bisa membersihkan kotoran-kotoran,” ucap Ajak dalam sambutannya.


Sementara itu, Firman Venayaksa mengungkapkan, PW FTBM Banten harus melakukan kerja-kerja literasi yang tidak hanya bersifat seremonial saja. Sebab, tugas menjadi seorang pegiat TBM menantang, karena selain member motivasi kepada masyarakat untuk membaca dan menulis,


“Pengurus FTBM  Banten juga harus memberikan penyadaran kepada masyarakat. Banyak masalah literasi di Banten yang mesti dibenahi terutama oleh TBM," kata Firman.
Ketua Komunitas Motor Literasi itu juga mengungkapkan, gerakan literasi bukan lagi hanya milik pegiat literasi. "Sekarang hampir semua instansi terlibat dalam gerakan literasi. Para pegiat literasi dibentuk menjadi para relawan. Selamat! Semoga di bawah kepemimpinan Andri gerakan literasi lebih menggeliat," ungapnya.


Sementara itu, Ketua PW FTBM Banten yang baru, Andri Gunawan mengatakan, dalam periode kepemimpinannya diharapkan para pengurus mampu memberikan inovasi atau masukan-masukan yang membangun bagi perkembangan minat baca dan menulis di Banten. Selain itu, FTBM Banten juga bisa bersinergi dengan lembaga maupun instansi yang peduli dengan gerakan literasi.


"Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak, semoga kedepannya kami tetap konsisten dan bisa berinovasi, dan kami siap bekerjasama dengan siapapun untuk mengembangkan literasi di Banten,” ungkap Andri. (satibi)
 

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook