Baca Meter PDAM Kurangi Komplain Pelanggan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 20 Maret 2018 - 14:46:01 WIB   |  dibaca: 626 kali
Baca Meter PDAM Kurangi Komplain Pelanggan

ANTRE : Sejumlah pelanggan sedang mengantre di loket pembayaran PDAM CM, Senin (19/3).

CILEGON – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cilegon Mandiri (CM) setiap bulannya melakukan baca meter untuk kurang lebih 16.500 pelanggan aktif. Dimana, baca meter adalah merupakan kegiatan dalam rangka validasi data tagihan pelanggan dengan jumlah penggunaan air bagi pelanggan setiap bulannya. Dengan adanya baca meter tersebut, terbukti bisa efektif dalam mengurangi komplain pelanggan terhadap kesalahan tagihan air dengan penggunaan.


"Pasti ada saja yang komplain tentang tagihan air. Untuk itu, dalam mengantisipasinya kami malakukan baca meter dimanaada sisite foto meteran air pelanggan yang nanti dicocokan dengan tagihan yang terdapat dalam data PDAM CM, sehingga tagihan yang diberikan bisa valid sesuai dengan pemakaian yang dilakukan. Dengan adanya baca meter ternyata juga bisa efektif mengurangi komplain pelanggan," kata Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Pelangan pada PDAM CM, Prilio Ristya kepada Banten Raya, Senin (19/3).

 

Prilio mengungkapkan, program baca meter sudah dilakukan semenjak 2016. Ada 7 petugas yang melakukan baca meter dimana masing-masing petugas memegang sekitar 2000 pelanggan. Baca meter dilakukan setiap satu bulan sekali. Hal tersebut karena setiap bulan pasti akan ada tagihan yang diberikan kepada pelanggan.

 

 "Hampir 50 persen warga atau pelanggan yang komplain menurun semenjak adanya baca meter ini dari ratusan mungkin hanya puluhan saja yang masih komplain. Sebab, jika ada yang komplain maka kami berikan saja hasil baca meter," ungkapnya.


Prilio menjelaskan, dalam rangka akurasi data pelanggan selain menempel Quick Response (QR) dalam meteran pelanggan. PDAM juga menempelkan di rumah pelanggan. hal tersebut selain yang dibaca meteran juga bisa dilihat data pelanggan lewat QR code yang ditempel.

 

 "Ada QR Code yang bisa ditembak oleh alat dari posisi jauh. Dengan begitu maka akan muncul data pelanggan dan ini akan menjadi bukti kami sudah datang untuk melakukan pengecekan data meter disetiap rumah yang tidak ada orangnya saat petugas datang, selain baca meter juga ada data pelanggan agar akurat dan tidak tertukar," jelasnya.


Sementara itu, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pengaduan Pelanggan dan Hubungan Masyarakat PDAM CM Ernawati mengatakan, dengan baca meter petugas yang datang tinggal melakukan scan dan langsung up load kedalam sistem yang ada di PDAM CM terhadap QR Code yang ada di meteran dan rumah pelanggan.

 

"Lebih efektif karena petugas bisa langsung up load dan kirim data pelanggan dalam sistem. lebih akurat dan jika ada komlpain maka tinggal menunjukan hasil foto yang sudah ada dalam sistem yang ada di kami," katanya. (uri)  

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook