Kinerja 2017 Luar Biasa, 2018 KS Ditargetkan Untung

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 21 Maret 2018 - 11:12:56 WIB   |  dibaca: 317 kali
Kinerja 2017 Luar Biasa, 2018 KS Ditargetkan Untung

PEMAPARAN KINERJA : Direktur Keuangan PT KS, Tambok Parulin Setyawati menjelaskan kinerja keuangan PT KS di tahun 2017 kepada para wartawan, kemarin.

CILEGON - Meski saat ini masih dalam posisi merugi tapi PT Krakatau Steel (KS) telah mengalami progres kinerja keuangan yang sangat luar biasa. Demikian disampaikan Direktur Keuangan PT KS, Tambok Parulin Setyawati Simanjuntak dalam acara konferensi pers pemaparan kinerja PT KS Tahun Buku 2017 di Sapphire Resto, Hotel The Royale Krakatau Cilegon, Selasa (20/3).


Menurutnya, dengan berbagai upaya yang dilakukan, salah satunya dengan upaya efisiensi, PT KS telah menghasilkan kinerja keuangan yang sangat luar biasa pada 2017 lalu.
"Beberapa proyek yang dikerjakan yaitu blast furnace, HSM#2 dan lain sebagainya menunjukkan prospek yang sangat baik untuk kemajuan perseroan. Termasuk juga dukungan peningkatan performance anak perusahaan dan perusahaan afiliasi dapat berimbas positif bagi PT KS," katanya.


Tambok menjelaskan, pada tahun 2015 kerugian perseroan sebesar USD320 juta. Pada 2016 mengalami peningkatan kinerja keuangan sehingga kerugian hanya sebesar USD171,7 juta. Tren positif terus berlanjut pada 2017 yang menunjukkan kerugian perusahaan hanya sebesar USD81.7 juta.


"Kami berharap masyarakat tidak hanya melihat KS itu merugi. Yang jelas, harus diketahui juga bahwa apa yang dilakukan para direksi dan manajemen KS dan grup merupakan hal yang sangat luar biasa. Melihat grafik kinerja keuangan hingga 2017, kami berupaya di 2018 ini KS bisa meraih untung," ujarnya.


Direktur Pemasaran PT KS, Purwono Widodo menambahkan, kinerja penjualan PT KS juga mengalami peningkatan sebesar 7,76 persen. Dengan demikian, pendapatan yang diraih sebesar USD1,449 juta meningkat dari tahun sebelumnya senilai USD1,344 juta.


"Dengan kenaikan pendapatan, laba operasi mengalami peningkatan yang tajam yaitu sebesar 1.055 persen dengan nilai USD50,74 juta dari tahun 2016 yang hanya sebesar USD4,4 juta," jelasnya.


Salah satu faktor yang mendukung peningkatan pendapatan itu, lanjut Purwono, adalah naiknya harga jual rata-rata produk baja di tahun 2017."Harga jual rata-rata produk baja HRC (Hot Roll Coil-red) mengalami peningkatan 32,68 persen menjadi USD597 per ton di tahun 2017 dari USD450 per ton di tahun 2016," katanya.


Apalagi menurut world steel dynamics fast track analysis, industri baja berada ditengah ledakan keuntungan yang luar biasa, meluas, dan berkelanjutan."Dalam jangka pendek harga produk baja hot roll akan mencapai USD700 sampai USD 750 per ton pada akhir kuartal pertama 2018. Dengan adanya peluang itu, kami optimis bida meningkatkan volume penjualan dan akan semakin memperbaiki kinerja perseroan di semester dua 2018 ini," terang Purwono.


Namun, Purwono menyayangkan adanya kebijakan pengenaan bea masuk baja dan alumunium oleh Amerika Serikat yang dapat memungkinkan Cina akan semakin gencar mengalihkan penjualan produk bajanya ke negara-negara Asia termasuk Indonesia.


"Jika pengalihan ekspor itu terjadi, produk baja Cina yang bebas bea masuk anti dumping akan membanjiri Indonesia dan mengakibatkan perdagangan yang tidak adil. Kami berharap pemerintah bisa mengambil tindakan dan melindungi baja lokal dari hal tersebut. Salah satu upayanya dengan menegakkan aturan-aturan peningkatan penggunaan produksi dalam negeri (P3DN) dan prasyarat tingkat komponen dalam negeri (TKDN)," tuturnya.


Direktur Utama PT KS, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi secara umum menyatakan kinerja perseroan di tahun 2017 mengalami perbaikan yang signifikan."Kami semakin optimis kinerja perseroan semakin lebih baik lagi dan selalu siap menghadapi segala tantangan di tahun 2018. Makanya kami tekadkan hal itu dengan sangat serius. Salah satunya adalah dengan memakai pin yang bertuliskan 2018 KS untung. Tujuannya supaya selalu ingat, berusaha dengan penuh semangat mewujudkan tekad tersebut," ujarnya. (danang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook