Dewan Minta Perbaikan Jalan Selesai Ramadan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 21 Maret 2018 - 14:52:37 WIB   |  dibaca: 210 kali
Dewan Minta Perbaikan Jalan Selesai Ramadan

JALAN BERLUBANG : Pengendara sepeda motor melintas di jalan nasional yang rusak dan berlubang di Kelurahan Ramanuju, Kecamatan Purwakarta, kemarin.

CILEGON - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon mendesak Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) untuk segera memperbaiki jalan nasional yang ada di Kota Cilegon. Pada kunjungan kerja ke Kementerian PUPR, Senin (19/3), Komisi I meminta langsung agar perbaikan jalan di Kota Cilegon tidak melalui birokrasi yang panjang, sehingga bisa selesai sebelum Ramadan sekitar Mei 2018.


Anggota Komisi I DPRD Kota Cilegon Aam Amarulloh mengatakan, pihaknya telah menyampaikan permasalahan jalan rusak langsung ke Kantor Kementerian PUPR di Jakarta. Pasalnya, penyampaian kondisi jalan nasional di Kota Cilegon yang rusak kepada Satuan Kerja (Satker) Jalan Nasional Wilayah Banten dianggap tindak lanjutnya. "Kita ingin by pass, biar cepat ditangani, lalu kita langsung ke Kementerian PUPR," kata Aam kepada Banten Raya, kemarin.


Aam menjelaskan, dalam kunjungan ke Kementerian PUPR, Komisi I DPRD Kota Cilegon diterima langsung oleh pejabat Bagian Perawatan Jalan Nasional pada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Dari pihak Ditjen Bina Marga juga meminta kepada Satker Jalan Nasional Wilayah I Banten, agar jalan nasional di Cilegon segera diperbaiki. "Kita minta ke Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) dan DPUTR (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) untuk menghitung dan mendata ruas jalan nasional yang rusak, nanti hasilnya segera diserahkan ke Satker dan Kementerian PUPR agar segera diperbaiki," jelasnya.


Menurut Aam, saat ini ada tiga ruas jalan nasional yang menjadi perhatiannya untuk segera diperbaiki. Diantaranya ruas Jalan Merak-Simpang Tiga, Simpang Tiga – Anyer, dan Akses Tol Cilegon Timur – Bojonegara. "Tiga ruas jalan itu kerusakannya sudah tergolong parah. Apalagi yang dari Pintu Tol Cilegon Timur sampai Disnaker Kota Cilegon itu rusak dan banyak kendaraan besar yang lewat," tuturnya.


Aam berharap, perbaikan jalan dilakukan sebelum ramadan tiba. Pasalnya, tidak kurang dari dua bulan lagi sudah bulan suci ramadan. Hal itu dilakukan, agar saat memasuki masa arus mudik 2018 kondisi jalan sudah selesai diperbaiki. "Kita juga sampaikan ada 18 titik jalan nasional yang membutuhkan gorong-gorong, itu kan kewenangannya di Pemerintah Pusat, jadi kita sampaikan juga.  Seperti Jalan nasional di Tegal Wangi, kalau diperbaiki juga tak lama akan hancur lagi karena memang tidak ada drainasenya," ucapnya.


Aam menambahkan, perbaikan jalan dilakukan jangan menunggu ada korban jiwa yang berjatuhan akibat jalan rusak. "Kita berharap perbaikan jalan segera direalisasikan dalam dua bulan ini," tambahnya.


Sekretaris DPUTR Kota Cilegon Ridwan mengatakan, kebijakan perbaikan jalan nasional memang berada di pemerintah pusat, khusunya Satker Jalan Nasional. Secara rutin, Ia juga menyampaikan permasalahan tersebut. "Kita juga sampaikan kalau ada jalan rusak, data-datanya," katanya. (gillang)

 

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook