Pertama Kali Digelar di Kabupaten Serang

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Jumat, 23 Maret 2018 - 11:22:05 WIB   |  dibaca: 52 kali
Pertama Kali Digelar di Kabupaten Serang

LATIHAN BERSAMA : Peserta latihan bersama relawan BPBD Kabupaten Serang mengikuti arahan tim VRI, di Lapangan Tennis Indoor, Pemkab Serang, Kamis (22/3).

SERANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang terus berusaha menambah kemampuan para relawan kebencanaan yang telah dimiliki, salah satunya yaitu diberinya pelatihan tambahan oleh tim Vertical Rescue Indonesia (VRI).

Sebanyak 50 relawan BPBD Kabupaten Serang yang terdiri dari anggota pramukan, anggota Menwa, anggota PMI Kabupaten Serang, dan perwakilan dari organisasi kemasyarakatan (ormas) mengikuti pelatihan VRI di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Serang dari 22 sampai 23 Maret. BPBD bekerja sama dengan VRI pusat untuk menambah kemampuan para relawan.


Dalam pelatihan itu para relawan BPBD akan diberi pengetahuan tambahan yang berkaitan dengan penanganan kebencanaan dan juga pemberian pertolongan kepada para korban bencana yang medannya sulit dijangkau, seperti di pegunungan, tebing dan juga di tempat lainnya yang membutuhkan keahlian khusus.


“Ini latihan bersama relawan dengan VRI. Latihan ini pertama kali digelar di Kabupaten Serang. Seperti kita ketahui VRI ini sudah ada di tingkat nasional dan pusatnya ada di Bandung, Jawa Barat,” kata Endang Saputra, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Kamis (22/3).


Pelatihan itu diberikan agar para relawan BPBD sehingga mereka lebih siap dalam memberikan pertolongan kepada para korban bencana. “ Sebenarnya relawan kita kemampuan dasarnya sudah ada tapi ditingkatkan lagi melalui VRI ini. Mereka akan diajari bagaimana caranya menyelamatkan korban yang ada di tebing, di seberang sungai dan lainnya,” ujarnya.


Endang menuturkan, penanganan bencana berbeda tergantung bencana tersebut dan situasi dan kondisi di lapangan, seperti bencana banjir dan longsor memerlukan penanganan yang berbeda. “Ini kegiatan dadakan karena sebelumnya tidak direncanakan dan dianggarkan, makanya kita gunakan dana non budgeter,” tuturnya. (TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook