Dindikbud Gelar Audisi Paduan Suara

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 23 Maret 2018 - 11:41:57 WIB   |  dibaca: 197 kali
Dindikbud Gelar Audisi Paduan Suara

ARAHAN : Sekretaris Dindikbud Kota Serang Waris Dewanto memberi pengarahan dalam acara pengelolaan keragaman budaya fasilitasi perkembangan keragaman budaya daerah audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat Kota Serang tahun 2018, di Hotel Taman Sari, Kamis (22/3).

SERANG- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang menggelar audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) guna menyaring pemuda-pemudi yang memiliki bakat di bidang tarik suara. Akan ada empat juara yang dipilih yang akan dikirim untuk mengikuti audisi di tingkat Provinsi Banten.

Sekretaris Dindikbud Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan bahwa tujuan audisi ini adalah untuk menyalurkan bakat dan minat para pemuda di jalur tarik suara. Selain itu tujuan lain adalah untuk terbentuknya Paguyuban GBN Kota Serang Madani. Semua yang memiliki talenta di bidang tarik suara akan dibina dalam paguyuban tersebut.


“Tapi buat yang bersedia saja,” kata Wasis usai pembukaan acara pengelolaan keragaman budaya fasilitasi perkembangan keragaman budaya daerah audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat Kota Serang tahun 2018 di Hotel Taman Sari, Kamis (22/3).

 

Wasis mengungkapkan bahwa akan dipilih empat orang finalis dalam audisi itu. Keempat orang ini akan diikutkan dalam  audisi GBN tingkat Provinsi Banten dan diharapkan dapat lolos sehingga ikut audisi di tingkat nasional. Harapan paling tinggi adalah agar perwakilan dari Kota Serang bisa bergabung dengan paduan suara dari daerah lain di Indonesia yang akan bernyanyi di Istana Negara.“Kita harapkan nanti mereka bisa memajukan Kota Serang melalui Dindikbud Kota Serang lewat paduan suara,” ujarnya.

 

Kepala Bidang Kebudayaan Dindikbud Kota Serang Maya Rani Wulan mengungkapkan bahwa meski hanya dipilih empat orang yang akan diikutkan dalam audisi GBN tingkat provinsi namun para peserta audisi ditawari bergabung dalam Paguyuban GBN Kota Serang Madani. Ia menargetkan akan ada 50 orang yang bergabung dalam paguyuban ini.

Dalam wadah ini mereka akan dibina oleh Dindikbud Kota Serang serta diikutkan dalam peringatan hari-hari besar nasional seperti Hari Pendidikan Nasional, Sumpah Pemuda, dan lainnya. Dalam audisi ini akan dipilih pemuda-pemudi yang memiliki jenis suara alto, soprano, tenor, dan bass.“Harapan kami terbentuk tim paduan suara di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang,” tuturnya.

 

Plt Kasi Sejarah dan Tradisi Eneng Sulastri mengatakan bahwa jumlah peserta audisi mencapai 85 orang yang berasal dari SMA/SMK, perguruan tinggi, dan kelompok paduan suara. Audisi akan berlangsung selama 2 hari, dari Kamis sampai Jumat. Dewan juri yang dilibatkan adalah 3 orang praktisi yang kompeten di bidang masing-masing, seperti Dr Yuli yang latar belakang pendidikannya S3 seni musik dan saat ini merupakan dosen UPI Kampus Serang. Juri lain adalah Amir Hakim, praktisi seni di bidang seni suara dan mantan lulusan audisi GBN yang lolos di tingkat nasional.“Juri lain Pak Purwo Rubiono, praktisi seni musik di Kota Serang,” katanya. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook