MGMP Tingkatkan Profesionalisme Guru

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 23 Maret 2018 - 12:25:26 WIB   |  dibaca: 517 kali
MGMP Tingkatkan Profesionalisme Guru

MGMP : Sebanyak 100 guru menjadi peserta Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di MtsN 3 Lebak, Kecamatan Banjarsari, Kamis (22/3).

BANJARSARI - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Kabupaten Lebak menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Kecamatan Banjarsari, Kamis (22/3). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru.


"Kegiatan MGMP diikuti 100 orang peserta, yang terdiri dari 28 Kelompok Kerja Madrasah (KKM)," kata Ketua Panitia Kegiatan MGMP Kabupaten Lebak, Arfan Fuad di aula MTsN 3 Lebakdi Kecamatan Banjarsari, Kamis (22/3).


Menurut Fuad, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mengubah budaya kerja guru atau anggota kelompok kerja melalui peningkatan pengetahuan, kompetensi dan kinerja serta profesionalisme guru. "Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran. Tolok ukurnya tercermin dari hasil belajar peserta didik," tuturnya.


Kepala MTsN 3 Lebak Ade Iwan Setiawan menjelaskan, MGMP itu sebagai langkah mewujudkan madrasah yang bergengsi karena prestasi. "Untuk mewujudkannya di butuhkan sumber dayamanusia yang kompeten dan berkualitas seorang pendidik. Tanpa memiliki kompetensiyang berkualitas, tidak mungkin madrasah yang bergengsi karena prestasi tidak mungkin dapat diraih, sehingga salah satu caranya menyamakan visi misi pandangan tentang madrasah agar bagaimana lebih baik lagi," jelasnya.


Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak, Encep Safrudin Muhyi menambahkan, MGMP itu dilakukan untuk peningkatan kualitas guru sebagai seorang pendidik profesional. "Kegiatan MGMP ini harus jelas sasarannya, manusianya jelas, pekerjaannya jelas, targetnya jelas dan indikatornya jelas. Sebab, ini untuk peningkatan kualitas kompetensinya. Utamakan bukan hanya di skill tetapi spritualnya juga," terangnya.


Encep meminta guru madrasah ke depan bisa terus meningkatkan kualitas diri dan menjaga profesionalisme serta lebih bermartabat. "Hal itu, untuk mewujudkan pendidikan bermutu dan berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan bagi anak didik," katanya. (purnama)


 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook