Disnaker Tegur PT Ace Hardware

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 23 Maret 2018 - 12:34:27 WIB   |  dibaca: 636 kali
Disnaker Tegur PT Ace Hardware

CILEGON - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon menegur manajeme PT Ace Hardware lantaran melakukan rekrutmen tenaga kerja ilegal. Awalnya, rekrutmen tersebut tidak dilaporkan kepada Disnaker Kota Cilegon.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja pada Disnaker Kota Cilegon Ade Setiana mengatakan, PT Ace Hardware ditegur oleh pihaknya karena melakukan rekrutmen tenaga kerja tanpa melakukan pelaporan ke Disnaker Kota Cilegon. "Kita sudah panggil ke kantor, untuk mengisi format rekrutmen tenaga kerja, tapi sampai saat ini belum dikembalikan format untuk kebutuhan tenaga kerja," kata Ade kepada Banten Raya, Kamis (22/3).


Dijelaskan Ade, pada pekan lalu pihak PT Ace Hardware sudah memenuhi panggilan pihaknya. Sehingga, saat ini masih simpang siur terkait rekrutmen tenaga kerja PT Ace Hardware. Rekrutmen tenaga kerja saat ini juga sudah dihentikan, sebelum melapor kembali kebutuhan tenaga kerja. Jika sudah melapor, maka silakan untuk melakukan rekrutmen kembali. Rekrutmen yang dilakukan pekan lalu belum ada yang ditempatkan. "Ada yang bilang butuh 80 tenaga kerja, ada yang butuh 200 tenaga kerja," jelasnya.


Ade menuturkan, perusahaan di Kota Cilegon wajib melaporkan rekrutmen tenaga kerja. Pasalnya, jika tidak melaporkan terancam pidana kurungan maksimal enam bulan dan denda maksimal Rp 50 juta. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Banten Nomor 4/2016 tentang Pelayanan Ketanagakerjaan.


 "Tapi, karena PT Ace Hardware baru teguran pertama kali, jadi saat ini belum kita terapkan perda itu. Kita juga akan panggil Manajemen Mall Yestar Land biar sosialisasi juga ke tenant-tenant yang lain yang akan merekrut tenaga kerja," tuturnya.


Dalam hal ini, Ade menerangkan, pihaknya masih melakukan pendekatan persuasif kepada PT Ace Hardware terkait dengan rekrutmen tenaga kerja yang tidak dilaporkan ke Disnaker. Ia berharap, dalam waktu dekat pihak PT Ace Hardware segera melaporkan kebutuhan tenaga kerja. "Kalau lapor ke kita kita juga siap fasilitasi tempat untuk rekrutmen secara gratis juga di Kantor Disnaker. Kita juga minta PT Ace Hardware untuk memrioritaskan tenaga kerja lokal ring satu yaitu Kelurahan Sukmajaya," terangnya.


Sementara itu, salah satu Staf Humas PT Ace Hardware yang enggan disebutkan namanya mengakui jika rekrutmen sudah melalui jalur yang benar. Ia mengklaim rekrutmen juga sudah dilaporkan ke Disnaker Kota Cilegon. "Pimpinan saya juga sudah menemui Disnaker, karena ada pemanggilan pekan lalu," ucapnya. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook