Kendaraan Pelayanan Dokumen Kependudukan Dioptimalkan

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 27 Maret 2018 - 11:53:20 WIB   |  dibaca: 328 kali
Kendaraan Pelayanan Dokumen Kependudukan Dioptimalkan

ANTRE : Warga rela antre saat mengurus dokumen kependudukan di kendaraan keliling milik Disdukcapil Pandeglang, kemarin.

PANDEGLANG - Masyarakat Kabupaten Pandeglang yang tinggal di daerah pelosok diminta untuk memanfaatkan kendaraan pelayanan dokumen kependudukan secara maksimal. Kendaraan yang sering berkunjung ke desa-desa itu untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.


Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pandeglang, Wawan membenarkan, ada tiga unit kendaraan pelayanan dokumen pendudukan yang sudah berjalan pada awal tahun 2018. Kendaraan ini akan menjangkau dan menyambangi masyarakat yang membuat berbagai identitas, seperti akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan perekaman. "Sudah berjalan, kemarin saja kendaraan itu berkunjung ke Kecamatan Sumur," kata Wawan, di kantornya, Senin (26/3).


Menurutnya, kendaraan pelayanan dokumen kependudukan berupa jenis mini bus itu digunakan untuk menjangkau pelayanan pembuatan identitas kependudukan di daerah plosok. Karena sampai saat ini kesadaran masyarakat masih rendah akibat jarak tempuh dari rumah warga menuju lokasi pembuatan administrasi kependudukan membutuhkan biaya besar. “Kendaraan itu untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang sulit diakses," tuturnya.


Selain banyaknya warga yang memanfaatkan kendaraan keliling, Wawan menjelaskan, animo masyarakat Pandeglang untuk mengurus dokumen kependudukan yang datang ke kantornya cukup banyak. Dia mengaku akan berusaha memberikan pelayanan maksimal. "Sedikitnya ada sekitar 500 orang setiap harinya harus antre mengurus dokumen kependudukan. Yang paling terpenting bagaimana cara pelayanan berjalan lancar," jelasnya.


Andi, saat antre mengurus dokumen kependudukan di kantor Disdukcapil Pandeglang menuturkan, sudah mendapatkan informasi dengan adanya kendaraan pelayanan dokumen kependudukan. Dia menilai program yang di luncurkan pemerintah cukup bagus. "Ya bagus sih. Kebetulan saya sekalian mau ke Pasar Pandeglang. Makanya, gak melalui kendaraan keliling itu," kata laki-laki asal Kecamatan Saketi ini. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook