Arus Mudik Naik 20 Persen

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 28 Maret 2018 - 12:06:54 WIB   |  dibaca: 332 kali
Arus Mudik Naik 20 Persen

DIPREDIKSI MENINGKAT : Kapal hendak sandar di Dermaga II Pelabuhan Penyebrangan Merak, Selasa (27/3). Akhir pekan ini, penumpang kapal diprediksi meningkat 20 Persen .

CILEGON- Libur Wafat Isa Almasih pada 2018 yang jatuh pada Jumat (30/3) pekan ini membuat arus lalu linta diprediksi akan mengalami peningkatan sekitar 20 persen. Situasi yang sama juga bakal terjadi pada arus penyeberangan di Pelabuhan Penyeberangan Merak menuju Bakauheni.


Manajer Usaha Pelabuhan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Rudi Mahmudi mengatakan, peningkatan arus mudik pada Hari Libur Wafat Isa Almasih pekan ini diprediksi mencapai 20 persen. Kenaikan penumpang kapal dari Merak ke Bakauheni diprediksi mulai Kamis (29/3) sore sampai Jumat (30/3) pagi. "Ada kenaikan dari biasanya, cuma sekitar 20 persen prediksi kita, kalau melihat hari-hari libur sebelumnya," kata Rudi kepada Banten Raya, Selasa (27/3).


Dijelaskan Rudi, dengan adanya peningkatan arus mudik menuju Pulau Sumatera, maka pihaknya akan membuka loket tambahan di Pelabuhan Penyeberangan Merak. "Lokat tiket untuk pekalan kaki hari biasa lima maka jadi sembilan. Loket bagi sepeda motor hari biasa dua, akhir pekan ini kita buka enam loket. Loket untuk kendaraan roda empat atau lebih biasanya delapan akan kita buka jadi 12 loket," jelasnya.


Peningkatan penumpang, tambah Rudi, diprediksi masih terjadi saat malam hari. Alasan keamanan dalam melanjutkan perjalanan setelah turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni membuat pemudik memilih penyeberangan malam. "Kalau nyeberang malam dari Merak sampai Bakauheni pagi, untuk melanjutkan perjalanan dari Bakauheni ke kota-kota di Sumatera dianggap lebih aman," tambahnya.


Rudi menegaskan, puncak arus penyeberangan pada akhir pekan ini diprediksi terjadi pada Kamis malam. Sementara, untuk arus balik dari Bakauheni ke Merak diprediksi pada, Minggu (1/4) sore sampai malam hari. "Senin pekan depan rata-rata sudah akan beraktivitas lagi," tegasnya.


Rudi menegaskan, kenaikan jumlah pemudik masih akan didominasi oleh pemudik asal Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabdetabek) tujuan Lampung atau Palembang. "Kita imbau kepada penumpang kapal untuk berhati-hati dan selalu menjaga barang bawaan," tegasnya.


Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten Johnny Siagian mengatakan, dalam akhir pekan ini, Pelabuhan Merak akan diaktifkan lima dermaga. Jumlah tersebut dinilai masih bisa menampung kenaikan pemudik akhir pekan ini. "Kalau untuk kapal yang dioperasikan itu dalam sehari sekitar 30 kapal kalau dari hari biasa sekitar 28 atau 29 kapal," katanya.


Sementara dari lalu lintas di darat, Johnny mengaku, peningkatan diprediksi hampir sama dengan kenaikan penyeberangan dari Merak ke Bakauheni. "Kalau di Jalan Raya atau di Tol ada kenaikan hampir sama dengan di Pelabuhan Merak, tapi kita prediksi arus masih tetap lancar," akunya.


Johnny menuturkan, meski akhir pekan ini ada libur panjang dan berpotensi ada peningkatan arus kendaraan, namun tidak ada larangan truk melintas di jalan tol. "Besok (Hari ini -red) kita juga akan melakukan pengecekan bus secara rutin, agar bus-bus yang dioperasikan memang benar-benar layak jalan," tuturnya. (gillang)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook