Humas Dituntut Kreatif

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Kamis, 29 Maret 2018 - 11:28:57 WIB   |  dibaca: 285 kali
Humas Dituntut Kreatif

SINERGI : Puluhan humas dari berbagai instansi/perusahaan se Provinsi Banten berfoto bersama dengan narasumber Aas Ahmad Arby Syahrostani (sepuluh dari kiri) pada pelatihan pembuatan rilis yang digelar Kelompok kerja Wartawan (Pokja) Ekonomi Bisnis dan Pariwisata (Ekbispar) Provinsi Banten le Dian Hotel, Rabu (28/3).

SERANG – Kelompok Kerja Wartawan Ekonomi Bisnis dan Pariwisata (Ekbispar) menggelar pelatihan menulis rilis bagi para humas instansi perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan  pemerintah se Banten di Le Dian Hotel Serang,  Rabu (28/3).


Kegiatan bertajuk "Sinergitas Bersama Media Demi Mewujudkan Citra Positif" ini digelar dalam rangka lebih mengasah keterampilan pelaku humas perusahaan dalam pembuatan produk jurnalistik atau rilis berita dan menjalin sinergi dengan pekerja media.


Acara ini diikuti puluhan perusahan dengan total 48 peserta dan menghadirkan dua narasumber, salah satunya Pemimpin Redaksi (Pemred) Radar Banten Online Aas Ahmad Arby Syahrostani. Pria yang akrab dipanggil Aas ini menyampaikan materi tentang "Membangun Sinergi Antara Perusahaan Dengan Media Massa".


“Mengapa kita perlu media massa? Jawabannya karena media massa sebagai salah satu instrumen untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, kelompok tertentu di masyarakat atau para pemangku kebijakan. Target yang ingin diperoleh antara lain mendapatkan reputasi yang baik, yang diciptakan oleh eksternal organisasi/perusahaan" kata Aas Ahmad Arby Syahrostani.


Menurut Aas, pentingnya menjalin hubungan yang erat dengan media massa juga, karena instansi perusahaan tidak bisa lepas dengan media massa. Khususnya dalam membangun citra positif.“Karena media massa termasuk kelompok yang cukup berpengaruh sebagai penghubung untuk membangun citra perusahaan,” katanya.


Aas melanjutkan, adapun beberapa tips atau strategi jitu menjalin dengan media massa yakni perusahaan harus menjalin hubungan harmonis dengan wartawan dan mengenal lebih dekat perusaahaan pers, struktur organisasi kerja redaksi media massa, seperti Pemimpin Redaksi, Wakil Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana, Koordinator Liputan, dan Redaktur, serta pemilik & pengelolanya.“Kemudian, perusahaan juga harus menjalin kerja sama secara profesional dengan perusahaan-perusahaan pers dalam bentuk iklan display atau advertorial,” katanya.


Langkah strategis lain berhubungan dengan wartawan yakni, membuat siaran pers atau press release, melakukan jumpa pers, wawancara khusus, melakukan press tour (perjalan pers), dan memberikan sponsor lomba jurnalistik.“Selanjutnya mengunjungi kantor/perusahaan media merupakan salah satu cara untuk membangun relasi dengan perusahaan pers/wartawan,” katanya.


Pada kunjungan ini, antara pihak pengelola media/pers dengan pihak yang berkunjung bisa saling mengenalkan diri lebih dekat dan lebih akrab.“Yang pasti masing-masing pihak bisa saling memahami jati diri, sehingga hubungan yang terjalin tidak hanya terbatas dalam konteks sebagai sumber berita. Dalam hubungan yang sudah terbangun baik ini, bilamana suatu ketika ada konfirmasi pemberitaan maka akan sangat mudah dilakukan,” tutup Aas. (ismet)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook