Jenis Bonsai di Banten Lebih Lengkap

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 02 April 2018 - 12:02:34 WIB   |  dibaca: 846 kali
Jenis Bonsai di Banten Lebih Lengkap

MILIKI RATUSAN JENIS BONSAI : M Ishak (kiri) menunjukkan salah satu koleksi tanaman bonsainya di rumahnya, di Cipocok, Kota Serang.

SERANG - Bonsai bukan hanya sekedar sebongkah pohon yang memiliki keindahan, tapi bonsai telah menjadi bagian hidup yang tidak terpisahkan bagi mereka yang hobi dengan tanaman mungil tersebut.

Paling tidak hal itu yang dialami oleh Kabag Umum Pemkab Serang M Ishak. Ishak memiliki koleksi tanaman bonsai yang mencapai ratusan dengan berbagai jenis. Tanaman bonsainya ia simpan di kediamannya di Cipocok, Kota Serang dan di pangkalannya di Soreang, Bandung Barat.


Pria berbadan bongsor itu menyukai bonsai sejak 1997 namun pada 2017 hobinya mulai dikembangkan di Serang bersama teman-tamannya yang juga hobi tanaman bonsai yang terhimpun dalam Persatuan Penghobi Bonsai Indonesia (PPBI).


Bukan tanpa tujuan, Ishak bersama dengan teman-taman mengembangkan tanaman bonsai di Serang karena bongkol tanaman bonsai yang ada di Banten banyak dibeli orang dari luar daerah, seperti dari Tangerang, Jakarta dan daerah lainnya dengan harga yang murah dari para pedongkel yang didapat dari hutan.“Padahal itu kan (bongkol bonsai-red) lima atau enam tahun kemudian bisa jadi barang mahal, tapi pedongkel menjual dengan harga yang murah,” ujar Ishak.


Untuk memviralkan tanaman bonsasi di Serang, Ishak bersama PPBI menggelar kontes. Pertama kali kontes digelar Mall of Serang (MOS) pada 2017 lalu yang diikuti peserta dari Tangerang, Jakarta, Medan, dan Lampung. Dari kontes itu banyak penghobi bonsai yang kembali aktif dan mengeluarkan simpanan bonsainya.


Provinsi Banten terutama Kabupaten Serang berbeda dengan daerah lainnya, dimana hampir semua jenis tanaman bonsai dapat ditemui di Banten, seperti bonsai jenis jeruk kinkit, pusaka, cendrawasih, sisir atau kaliage, rukem, serut, kwista, asem, dan beberapa jenis bonsai lainnya.


Selain itu, bonsai yang banyak di masyarakat dan mudah ditemui di masyarakat yaitu bonsai beringin yang memiliki banyak jenis, seperti beringin korea, benyamin, kimeng, china. “Yang sedang kita boomingkan jenis beringin yang ada bunganya seperti kemuning, kertas, bogenvill, dakocan, dan salihara,” ungkapnya. (TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook