Motor Pelaku Balap Liar Diamankan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 03 April 2018 - 12:12:40 WIB   |  dibaca: 227 kali
Motor Pelaku Balap Liar Diamankan

DIAMANKAN : Motor pelaku balap liar yang diamankan polisi di Mapolres Serang Kota, Senin (2/4). Pengamanan motor dilakukan sebagai efek jera kepada pelaku balap liar.

SERANG- Pelaku balap liar (motor) di jalur protokol Kota Serang tepatnya di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang masih saja terjadi. Sebagai efek jera, polisi melakukan penyitaan kendaraan roda dua yang digunakan untuk balap liar.


Kepala Satlantas Polres Serang Kota AKP Ali Rahman Cipta Perwira mengatakan, balapan liar pada malam hari sudah sering dibubarkan anggotanya. Rata-rata aksi balapan liar itu dimulai pada pukul 24.00 hingga 04.00. Para pelakunya sengaja menggunakan fasilitas jalan raya ketika kondisi jalan mulai sepi pengendara. "Kadang harinya berubah-ubah. Awalnya setiap malam minggu, tapi karena sering kita bubarkan, waktunya berubah," katanya kepada Banten Raya, Senin (2/4).


Menurut Ali, balapan liar ini meresahkan masyarakat, khususnya pengendara lain, karena dapat membahayakan. Untuk itu pihaknya tidak akan segan menindak para pelaku balap liar tersebut. "Jelas ini cukup membahayakan, baik pelaku balap liar maupun pengendara yang melintas di lokasi balap liar," ujarnya.


Untuk penindakan pelaku balap liar itu, Ali mengungkapkan pihaknya berkoordinasi dengan anggota reskrim yang ditugaskan khusus untuk melaksanakan giat patroli malam hari. Sebab anggota lantas difokuskan untuk giat pengaturan lalu lintas di jam-jam sibuk.
 

"Belasan motor pelaku balap liar yang diamankan kemarin itu merupakan hasil dari anggota yang melaksanakan giar patroli malam hari. Karena kami difokuskan untuk kepentingan yang lebih penting yakni mengatur lalu lintas pagi harinya," ungkapnya.


Ali menambahkan, motor-motor yang telah dimodifikasi itu untuk sementara waktu diamankan di Mapolres Serang Kota. Motor tersebut dapat diambil oleh pemiliknya apabila dapat menunjukan surat-surat kepemilikan kendaraan. "Kita akan tindak pelaku balap liar ini karena cukup membahayakan," tambahnya.


Untuk mencegah aksi balap liar kembali dilakukan, Ali meminta orang tua maupun masyarakat untuk ikut serta melakukan pengawasan terhadap anak-anak yang tengah berkumpul di malam hari dengan menggunakan motor, terlebih yang melakukan konvoi.
 
"Keterlibatan masyarakat juga sangat kami perlukan, tegur kalau ada anak-anak yang berkumpul dengan menggunakan kendaraan, yang jelas akan kami tindak tegas yang balapan liar maupun yang dapat sebabkan terjadi kecelakaan," tandasnya.


Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin mengatakan, pihaknya akan rutin melakukan razia anak usia pelajar di Kota Serang yang terlihat bergerombol, termasuk komunitas anak motor. Hal itu guna mengantisipasi terjadinya pelanggaran hukum. “Kita akan rutin melakukan razia. Jadi mohon maaf kalau ada kumpulan-kumpulan anak nongkrong kita akan bubarkan,” katanya. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook