BBPLK Targetkan 3.800 Lulusan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 03 April 2018 - 12:17:11 WIB   |  dibaca: 147 kali
BBPLK Targetkan 3.800 Lulusan

DORONG BANYAK PELATIHAN : Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri mencoba motor listrik yang dibuat oleh siswa Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) di Karundang, Kota Serang, Senin (2/4).

SERANG – Kementerian Tenaga Kerja mengklaim, jumlah lulusan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) mampu menekan angka pengangguran. Hal tersebut disampaikan Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri saat melakukan kunjungan ke BBPLK Serang, Senin (2/4).


Menurutnya BBPLK Serang salah satu balai besar pelatihan yang berada di bawah naungan Kementerian Tenaga Kerja, yang memberikan pelayanan pelatihan secara cuma-cuma untuk calon tenaga kerja asal Banten dan sekitarnya.


“BBPLK sangat efektif untuk menciptakan sumber daya manusia yang siap bekerja, karena program pelatihan yang digunakan selama dua tahun dan langsung diterima oleh dunia kerja,” kata Menaker Hanif.


Ia menjelaskan, materi pelatihan dua tahun yang diikuti oleh para peserta BBPLK Serang sesuai dengan dunia kerja, karena peralatan sistem dan metode yang digunakan sesuai dengan dunia kerja. Sehingga wajar jika banyak lulusan BBPLK Serang langsung terserap dunia kerja.


“Bahkan berdasarkan laporan dari Kepala BBPLK Serang, ada sejumlah perusahaan yang sudah memesan peserta pelatihan BBPLK Serang untuk bekerja di perusahaannya,” ungkap Hanif.


Dalam kesempatan itu, Hanif mengaku, setiap tahunnya BBPLK Serang mengalami peningkatan dalam memproduksi tenaga kerja yang handal yang siap bekerja dalam dunia kerja. Tahun 2017 kemarin, BBPLK Serang mampu menciptakan 900 tenaga kerja yang terampil.


“Tahun ini kami menargetkan akan menciptakan tenaga kerja yang handal sebanyak 3.800 orang. Ini merupakan hasil dari program repitalisasi balai latihan kerja, sehingga produksinya bisa naik,” ungkapnya.


Tidak hanya BBPLK Serang, lanjut Hanif, pihaknya juga melakukan pelatihan terhadap balai pelatihan kerja milik pemerintah provinsi dan kabupaten/kota lainnya. Dengan demikian, dunia industri yang berada di Banten ditangani oleh pegawai yang terampil dan handal.”Maka dari itu kami membuka secara umum kepada masyarakat yang ingin daftar di BBPLK, tidak lagi melihat latar belakang pendidikannya,” tegasnya.


Senada disampaikan Fauziah Kepala BBPLK Serang, peserta BBPLK Serang yang sudah dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikasi kompetensi, sebagai salah satu penunjang kompetensi dalam dunia kerja.


“BBPLK Serang juga banyak melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan, untuk menyerap tenaga kerja, dan melatih pegawai di sejumlah perusahaan agar bisa mendapatkan sertifikasi kompetensi,” kata Fauziah.Sementara itu, dalam kunjungannya Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menyerahkan sertifikat uji kompetensi pelatihan gelombang pertama dan teknisi ahli ke delapan peserta. (satibi)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook