Trayek Sawah Luhur Kurang Diminati

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 03 April 2018 - 14:33:37 WIB   |  dibaca: 206 kali
Trayek Sawah Luhur Kurang Diminati

PASAR RAKYAT : Tampilan fisik Pasar Rakyat Kasemen yang berlokasi di kelurahan Margaluyu, Minggu (1/4). Jalan menuju pasar ini belum ada angkutan umum yang lewat sebagaimana dapat terlihat dalam foto.

SERANG- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang mengungkapkan bahwa trayek ke Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, sebetulnya sudah ada. Hanya saja karena sedikitnya penumpang trayek tersebut tidak diminati oleh para sopir. Hal ini menyusul adanya permintaan dari masyarakat dan Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi UKM Kota Serang yang meminta trayek Sawah Luhur dihidupkan menyusul akan diresmikannya Pasar Rakyat Kasemen di Kelurahan Margaluyu.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Kota Serang Bambang Gartika mengatakan bahwa trayek Sawah Luhur sudah ada sejak lama dengan kode 08. Trayek ini melewati Sawah Luhur-Lebak Indah-Simpang Kaligandu-Jalan Tb Sueb-Pasar Rau.

Sayang tidak banyak sopir yang minat pada trayek ini karena masih sedikitnya penumpang.“Kalau sopir sekarang paling suka trayek Pakupatan-Kepandean atau yang melewati Jalan Lingkar Selatan,” kata Bambang, Senin (2/4).


Bambang menyatakan bahwa budaya angkutan umum di Kota Serang memang masih belum tertib. Angkutan kota yang beroperasi saat ini seperti taxi yang melayani penumpang ke mana pun mereka mau, meski tidak sesuai dengan trayek yang sudah ditentukan.“Sopir di Kota Serang ini bandel. Sekarang ditertibin besok udah melanggar lagi,” katanya.

Karena itu, kata Bambang, bila Pasar Rakyat Kasemen di Kelurahan Margaluyu itu akan diaktifkan, maka yang bisa dilakukan adalah memaksimalkan trayek 08. Ia berharap dengan pengaktifan Pasar Rakyat Kasemen akan meramaikan daerah di Sawah Luhur, sehingga akan meninggikan minat para sopir untuk tetap berada pada trayek tersebut. “Kalau rame di sanannya mudah-mudahan trayek 08 juga bisa lebih aktif lagi,” ujarnya.

Ditanya mengenai trayek yang menyusuri Sawah Luhur menuju Keraton Kaibon, Bambang mengatakan bahwa trayek ke arah sana belum ada sampai saat ini. Bila pun mendesak diciptakan maka bisa menggunakan angkutan tidak dalam trayek. Mengenai rencana itu akan dibicarakan terlebih dahulu sebelum diterapkan.“Nanti akan kita rembukkan dulu,” ujarnya.


Sebelumnya, warga Kecamatan Kasemen meminta agar trayek ke Sawahluhur dihidupkan untuk menunjang akses ke Pasar Kasemen yang akan dioperasikan. Sukri, salah satu warga Kasemen mengatakan bahwa masyarakat akan sangat terbantu dengan adanya pasar baru Kasemen di Kelurahan Margaluyu. Dengan demikian maka warga Kasemen tidak perlu jauh-jauh belanja ke Pasar Induk Rau dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hanya saja bagi masyarakat yang belum memiliki kendaraan pribadi menuju Margulu susah dilakukan bila tidak ada angkutan umum yang melewati daerah itu. “Ya kalau bisa ada angkotlah,” kata Sukri, Minggu (1/4).

Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan Perindustrian Koerasi dan UKM Kota Serang Djoni Manahan mengaku sudah meminta kepada Dishub Kota Serang agar diadakan trayek kendaraan umum menuju Pasar Rakyat Kasemen, sehingga memudahkan masyarakat ketika akan menjangkau pasar tradisional tersebut. Peresmian pasar tersebut dijadwalkan akan dilakukan pada April ini.


Ia mengungkapkan bahwa bagi masyarakat yang akan berbelanja dalam jumlah sangat besar keberadaan angkutan umum yang murah meriah sangat dibutuhkan, sehingga masyarakat akan terbantu dengan keberadaan pasar ini. Ia berharap dalam waktu yang tidak lama trayek angkutan umum menuju Pasar Rakyat Kasemen akan bisa terwujud dengan kerja sama yang baik dengan Dinas Perhubungan. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook