Utamakan Kepentingan Warga

nurul roudhoh   |   wajah  |   Kamis, 05 April 2018 - 12:34:41 WIB   |  dibaca: 479 kali
Utamakan Kepentingan Warga

SAMAWA : Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang Gunawan foto bersama istri dan putra bungsunya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pandeglang, Gunawan ternyata memiliki kisah yang hampir sama dengan orang sukses pada umumnya. Politisi Partai Golkar itu memiliki kepribadian yang sangat membanggakan.


Dari kesederhanaan dan ketekunannya, Gunawan mengawali karirnya hingga menjadi pimpinan dewan dimulai dari masyarakat kelas menengah kebawah. Berikut wawancara wartawan Banten Raya Yanadi di ruang kerjanya, Rabu (4/4).


Sebelum menjadi dewan, Anda bekerja di bidang apa?
Kehidupan Ka Haji (menyebut dirinya) berangkat dari bawah yang melalui proses cukup panjang. Sebelum jadi dewan, dulu bekerja di bidang konstruksi tahun 1985, dan Pandeglang masih Provinsi Jawa Barat.


Awalnya, Ka Haji merintis perusahaan sendiri walau pun masih kecil-kecilan. Untuk mencapai itu ada proses yang harus dilalui demi memiliki rasa tanggungjawab. Dari ketekunan dan perjuangan itu, Ka Haji berusaha bekerja keras, dan akhirnya bisa menjadi seperti sekarang ini (Pimpinan DPRD).


Apa makna perjalanan hidup Anda ?
Perjalanan hidup Ka Haji sangat bermakna. Dulu saat Ka Haji sekolah susah, tidak seperti sekarang. Mau sekolah anak-anak bisa diantar jemput oleh sopir, waktu Ka Haji sekolah harus jalan kaki yang jauh menuju sekolah. Makanya, perjalanan hidup sangat berharga untuk dijadikan pembelajaran.


Apa pesan Anda kepada anak-anak di rumah?
Ka Haji sering mengingatkan dan berpesan kepada anak-anak di rumah untuk lebih prihatin. Ka Haji selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak dan keluarga. Salah satunya mendidik anak, untuk mengenyam pendidikan umum dan agama hingga mengenyam pendidikan tinggi.


Pendidikan sudah menjadi  suatu kebanggaan bagi Ka Haji untuk membuktikan kepada orang tua. Pendidikan adalah kunci utama, dan Alhamdulillah anak pertama bernama Alwan Abdurrafi sekarang kuliah di luar Negeri, yaitu di Technische Universitat Berlin.


Peran Anda sebagai Wakil Rakyat bagaimana ?
Amanah yang diberikan oleh masyarakat harus dijalankan sepenuh hati dan memiliki rasa tanggungjawab. Sebab, tidak mudah menjadi seorang pemimpin. Karena harus mengakomodir semua kepentingan masyarakat.Untuk itu, Ka Haji terus berusaha menjadi pemimpin yang amanah sesuai yang diinginkan masyarakat.


Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan dukungan masyarakat?
Kita harus turun ke bawah, serap aspirasi dari bawah untuk dibahas ditingkat atas agar program pembangunan yang disampaikan masyarakat terakomodir sesuai harapan. Salah satunya, dengan cara melalui kegiatan reses agar mampu menyerap dan merealisasikan semua aspirasi masyarakat untuk kita perjuangkan.


Pembangunan apa saja yang sudah diperjuangkan?
Alhamdulillah aspirasi yang disampaikan masyarakat ada beberapa pembangunan yang sudah terealisasi, salah satunya pembangunan jalan. Ka Haji selaku pimpinan dewan akan bekerja optimal memperjuangkan aspirasi masyarakat, baik dalam bidang pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan, maupun kesehatan.Perjuangan ini tidak lain adalah rasa tanggungjawab Ka Haji kepada masyarakat yang sudah mendukung hingga menjadi sekarang ini.


Pesan Anda untuk Pemkab Pandeglang seperti apa?
Saya berharap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa membuat perencanaan program pembangunan tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat. Semua kegiatan yang dilaksanakan dapat disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan visi misi Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban.


Motivasi apa yang harus diterapkan pegawai?
Motivasi dalam bekerja sangat perlu diterapkan. Semua pegawai khususnya pegawai di dewan harus mampu memberikan kinerja optimal yang lebih baik lagi. DPRD adalah kepanjangan tangan rakyat yang harus mementingkan dan mengutamakan kebutuhan masyarakat, baik dalam pelayanan maupun pembangunan. Saya berharap kinerja yang sudah kita berikan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Harapan untuk Pandeglang?
Saya ingin Pandeglang maju, berkembang, dan masyarakatnya sejahtera. Momentum Hari Jadi Kabupaten Pandeglang ke-144 harus kita jadikan untuk lebih baik lagi. Dengan semangat hari jadi, mari kita tingkatkan prestasi dan daya saing untuk mewujudkan Pandeglang yang maju dan mandiri.Kami sebagai anggota dewan akan mendorong pemerintah daerah dalam melaksanakan proses percepatan pembangunan sesuai harapan masyarakat. (Yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook