Bendungan Serap Aspirasi Lewat Sospem

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 05 April 2018 - 13:51:29 WIB   |  dibaca: 100 kali
Bendungan Serap Aspirasi Lewat Sospem

SOSPEM : Lurah Bendungan Maman Herman didampingi Camat Cilegon Idad Zaldad menerima tong sampah dari Kepala DLH Kota Cilegon Ujang Ling disela acara Sospem, Rabu (4/4).

CILEGON – Pemerintah Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon punya cara tersendiri dalam rangka mensosialisasikan dan menyerap aspirasi warga. Pemerintah kelurahan melakukan konsep Sosialisasi Pembagunan (Sospem) tingkat kelurahan yang biasanya Sospem hanya ada dan dilakukan oleh Pemerintah Kota Cilegon di tingkat kecamatan saja.

"Konsepnya roadshow atau bisa dikatakan Sospem tingkat kelurahan. Hal ini kami lakukan dalam rangka mensosialisasikan berbagai program dari tingkat pemerintah kelurahan, kecamatan dan kota. Selain itu dalam kegiatan tersebut kami menerima dan menyerap aspirasi dari warga secara langsung," kata Lurah Bendungan Maman Herman kepada Banten Raya, Rabu (4/4).


Maman menjelaskan, kegiatan roadshow Sospem tersebut akan dilakuakan di seluruh lingkungan atau Rukun Warga (RW) di Kelurahan Bendungan. Dalam Sospem tersebut juga bukan hanya pemerintah kelurahan dan kecamatan saja yang terlibat. Namun, pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi lintas vertikal lainnya diundang untuk bersama menyampaikan program dan mendengarkan keinginan warga.

 "Selain Pemerintah Kelurahan Bendungan dan Pemerintah Kecamatan Cilegon, ada dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup), DPUTR Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon, Bappeda (Badan Perencanaan Daerah dan Pembangunan) Kota Cilegon serta beberapa OPD lainnya datang. Kami juga mengundang pihak kepolisian yaitu Polres (Kepolisian Resort) Cilegon untuk hadir," jelasnya.


Sementara itu, Camat Cilegon Idad Zaldad mengungkapkan, kegiatan sospem tingkat kelurahan yang dilakukan Kelurahan Bendungan harus bisa dilakukan oleh kelurahan lainnya di tingkat Kecamatan Cilegon. Sebab, Sospem tingkat kelurahan tersebut merupakan bagian dari melihat dan mendengar berbagai aspirasi yang lahir dari warga. Setelahnya hal tersebut akan menjadi pertimbangan dari sisi pembanguna yang akan dilakukan.

"Ini bisa menjadi momen dalam memberikan informasi kepada warga tentang pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah yang sudah, sedang dan akan direalisasikan, sehingga warga mengetahui jika pemerintah terus mengupayakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga dari sisi infrastruktur dan juga pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia)," ungkapnya.


Kepala DLH Kota Cilegon Ujuang Iing menilai, kegiatan yang dilakukan dan diinisiasi oleh Pemerintah Kelurahan Bendungan itu sangat bagus. Hal tersebut menjadi pintu untuk mendengar kembali aspirasi dari lapisan yang paling bawah.

 "Bagus, sangat bagus. Ini patut di contoh oleh yang lain. Sebab dengan begini kami juga bisa memberikan ibauan untuk meningkatkan kesadaran warga terntang pentingnya lingkungan dan menjaganya," terangnya. (uri)

 
   

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook