Forum Kota Sehat Resmi Dikukuhkan

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Selasa, 10 April 2018 - 11:47:19 WIB   |  dibaca: 180 kali
Forum Kota Sehat Resmi Dikukuhkan

RESMI : Suasana pengukuhan Forum Kota Serang (FKS) Tangerang Selatan (Tangsel), di Aula Puspemkot Tangsel, Ciputat, Senin (9/4).

TANGSEL - Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany secara resmi mengkukuhkan Forum Kota Sehat (FKS) Tangerang Selatan (Tangsel), di Aula Puspemkot Tangsel, Ciputat, Senin (9/4).


Airin berharap, pengurus FKS dapat menjalankan kepercayaan yang telah diberikan dengan penuh amanah. "Keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan," kata Airin.


Apabila semua keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya yang sejahtera dan harmonis, lanjut Airin, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Kota Tangsel dan Indonesia yang sejahtera.


"Terkait Kota Sehat, kita ketahui bersama bahwa program penyelenggaraan Kota Sehat merupakan suatu program dalam mewujudkan suatu komdisi Kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk," ungkap Airin.


Kondisi tersebut dapat dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.
"Dalam proses penyelenggaraannya dilakukan berbagai kegiatan untuk mewujudkan Kota Sehat dengan pemberdayaan masyarakat ataupun melalui forum yang difasilitasi oleh Pemkot," bebernya.


Kepala DPMP3AKB Tangsel, Khairati mengatakan, pengembangan Kota Tangsel yang sehat adalah bagian dari dinamika dan semangat warga, pemerintah daerah serta lembaga legislatif.
"Pencapaian kota yang sehat merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya, ekonomi masyarakat dengan mengembangkan potensi-potensi masyarakat dengan cara memberdayakan mereka agar saling mendukung dalam menerapkan fungsi-fungsi kehidupan dalam membangun potensi maksimal suatu kota," katanya.


Dikatakan, penyelenggaraan Kota Sehat adalah berbagai kegiatan untuk mewujudkan Kota Sehat melalui pemberdayaan masyarakat melalui forum yang merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya.


"Partisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek, sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya," bebernya.


Dengan terbentuknya kepengurusan keanggotaan FKS yang baru diharapkan semakin meningkatkan kinerja seluruh anggota dalam menyongsong Kota Sehat Tahun 2018 agar dapat meraih tatanan yang lebih tinggi.


Menurut Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Tangsel, Iin Sofiawati, FKS baru saja dikukuhkan hari ini, namun surat keputusan (SK) pembentukan itu sudah terbentuk sejak 2017.


"Alhamdulilah sudah pengukuhan. Jadi setelah pengukuhan ini mereka sudah harus siap-siap akan diverifikasi di tingkat provinsi dan tingkat nasional. Dalam rangka mendapatkan penghargaan setara ketiga untuk forum kota sehat," kata Iin.


Iin menjelaskan, setelah dilantik, forum tersebut harus lebih fokus, dan lebih menajamkan lagi kegiatan-kegiatan dimasing-masing tatanan. Juga kegiatan harus dimaksimalkan lagi, pembinaan ke forum kota sehat kecamatan, pembinaan ke kelurahan, dan pembinaan ke lokus-lokus yang akan diverifikasi ke tingkat nasional."Saat ini kita sedang persiapan, seperti rapat koordinasi, nanti dipertengahan April kita akan terjun ke lapangan untuk memverifikasi semua tatanan tiap-tiap pokja," bebernya.(*/marjuki)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook