Pemeriksaan Makarel Merambah ke Pasar

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 11 April 2018 - 13:43:11 WIB   |  dibaca: 135 kali
Pemeriksaan Makarel Merambah ke Pasar

MAKAREL : Pegawai Dinkes Lebak memeriksa berbagai jenis sarden yang dijual di salah satu waralaba di Rangkasbitung belum lama ini.

RANGKASBITUNG- Setalah melakukan pemeriksaan sarden makarel di seluruh waralaba di Rangkasbitung, dalam waktu dekat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak akan kembali memeriksanya di seluruh toko dan kios di Pasar Rangkasbitung. Alasan Dinkes melakukan pemeriksaan ke pasar karena dikhawatirkan masih ada pemilik toko maupun kios yang belum mengetahui bila sarden makarel dari semua merk dilarang diedarkan atau dijualbelikan oleh Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM).


Kepala Dinkes Lebak HM Sukirman kepada Banten Raya mengatakan, saat pemeriksaan di waralaba di Rangkasbitung belum lama ini, sebanyak 248 kaleng sarden makarel sudah diretur oleh masing-masing pengelola waralaba.

Namun karena sarden makarel dikhawatirkan masih beredar atau dijualbelikan di Pasar Rangkasbitung, maka pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan."Kami harus melakukan pemeriksaannya semua pedagang di Pasar Rangkasbitung agar sarden makarel benar-benar tidak beredar lagi," ujar HM Sukirman, Selasa (10/4).


Menurutnya, pihaknya pun akan turut memeriksa makanan dalam kemasan atau makanan tanpa kemasan lainnya yang dijualbelikan di Pasar Rangkasbitung yang khawatir menggunakan bahan pengawet atau zat pewarna membahayakan. "Semua jenis makanan selain makarel yang dianggap berpotensi menggunakan bahan pengawet atau zat pewarna harus tetap kami periksa," katanya.


Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan dan POM pada Dinkes Lebak Agus Darsono menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan pertama belum lama ini, seluruh waralaba sudah meretur atau menarik sarden makarel dari peredaran.

Namun karena khawatir masih dijualbelikan di Pasar Rangkasbitung, maka pihaknya akan kembali memeriksa di seluruh toko maupun kios di pasar tersebut."Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan pemeriksaan ke Pasar Rangkasbitung," kata Agus. (hudaya)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook