120 PNS Pensiun Tahun Ini

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 11 April 2018 - 14:02:12 WIB   |  dibaca: 216 kali
120 PNS Pensiun Tahun Ini

SOSIALISASI : Kepala BKPP Kota Cilegon, Mahmudin saat sambutan pada Sosialisasi Pengelolaan berkas Pensiun Otomatis bagi PNS, di salah satu hotel di Cilegon, Selasa (10/4).

CILEGON - Sedikitnya 120 pegawai Aparat Sipil Negara (ASN) di Kota Cilegon memasuki masa pensiun tahun ini. Meski demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon belum mendapatkan kepastian terkait rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 beserta kuotanya.

“Dari sekitar 5.000 lebih pegawai di Pemkot Cilegon, yang pensiun tahun ini 120 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon, Mahmudin usai melakukan Sosialisasi Pengelolaan Berkas Pensiun Otomatis bagi PNS, di salah satu hotel di Cilegon, Selasa (10/4).

Mahmudin menyatakan, ASN Kota Cilegon yang akan pensiun tahun ini sebagian besar masih didominasi oleh tenaga pendidik atau guru. “Kalau untuk yang pensiun, paling banyak guru, kemudian ada staf dan ada juga beberapa pejabat eselon III dan eselon IV, kalau eselon II tidak ada,” jelasnya.


Meski banyak PNS yang pensiun, kata Mahmudin, saat ini belum ada kejelasan terkait dengan rekrutmen CPNS. Pihaknya masih menunggu keputusan resmi terkait rekrutmen CPNS daerah beserta kuotanya dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemnpan-RB). “Kita masih nunggu keputusan resmi, setelah itu biasanya keluar juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis) untuk rekrutmen CPNS daerah,” paparnya.

Pensiun Sistem Online

Dikatakan Mahmudin, saat ini Surat Keputusan (SK) Pensiun bagi PNS yang akan pensiun bisa diterima enam bulan sebelum pegawai tersebut resmi pensiun. Hal tersebut setelah berlakunya sistem Penerapan Pensiun Otomatis (PPO). “Saat ini pengurusan pensiun sudah online, jadi lebih cepat dan mudah, begitu juga untuk kepengurusan dana pensiunan,” terangnya.


Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan Kesejahteraan, dan Administrasi pada BKPP Kota Cilegon, Lela Sulelah mengatakan, pihaknya telah mengajukan kuota dan formasi untuk CPNS daerah 2018 ini. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada jawaban dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). “Kemungkinan Mei baru ada kuota untuk CPNS di Cilegon,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengajukan kuota PNS kepada BKN sebanyak 800 pegawai. Jumlah tersebut setelah dilakukan validasi data kebutuhan tenaga PNS di lingkungan Pemkot Cilegon. “Harapannya cepat ada CPNS biar jumlah pegawai tetap seimbang, meskiupun ada yang pensiun. Jumlah yang kita ajukan sebagian besar guru dan tenag medis,” ucapnya. (gillang)

 


 

 

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook