Polda Gerebek Gudang Miras Oplosan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 12 April 2018 - 11:04:45 WIB   |  dibaca: 175 kali
Polda Gerebek Gudang Miras Oplosan

CEGAH KORBAN : Jeriken berisi minuman keras oplosan disita dari sebuah gudang di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, kemarin.

SERANG - Sebuah gudang penyimpanan minuman keras oplosan jenis ciu digerebek jajaran kepolisian dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Banten di kawasan industri Jatake, Jalan Industri Raya 3, Keluraha Cikupa, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Selasa (10/4). Dari penggerebekan itu sebanyak 54 jeriken ciu berhasil diamankan.


Dirnarkoba Polda Banten Kombes Yohanes Hernowo mengatakan, penggerebekan gudang miras itu dilakukan berkat partisipasi warga sekitar yang melaporkan kegiatan di gudang tersebut. Selama ini masyarakat resah dengan adanya transaksi jual beli miras di wilayahnya.


"Penggerebekan kita lakukan semalam (Selasa) sekitar jam 10 malam. Dalam rangka penindakan peredaran dan produksi minuman keras jenis ciu tanpa izin edar," katanya kepada Banten Raya, kemarin.


Dari penggerebekan itu, selain mengamankan 54 jeriken miras jenis ciu, pihaknya juga mengamankan SM selaku pemilik gudang dan menyegel gudang. "Kasus ini masih kita kembangkan. Lokasi penyimpanan sudah kita segel untuk proses penyelidikan," jelasnya.


Menurut Yohanes, jika terbukti bersalah, SM dapat dikenakan pasal 197 undang-undang nomor 36 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana 15 tahun penjaran atau denda maksimal Rp 1,5 miliar. Sebab pelaku mengedarkan miras tanpa memiliki izin. "Modus yang dilakukan oleh pelaku yaitu membungkus miras oplosan dengan menggunakan plastik dan dijual dengan cara sembunyi-sembunyi," ujarnya.


Lebih lanjut, Yohanes menambahkan, di hari yang sama atau Selasa (10/4) malam, jajaran kepolisian di wilayah hukum Polda Banten juga menyita ratusan botol miras berbagai macam merek dan ribuan miras oplosan."Kita juga berhasil mengamankan 247 botol miras dan 2.225 plastik ciu di daerah Kali Asin, Sukamulya," tambahnya.


Selanjutnya, Yohanes mengungkapkan, Polres Cilegon juga mengamankan 43 botol miras dan 80 plastik miras jenis kecut di dua daerah yaitu Jombang dan Purwakarta. Polres Pandeglang mengamankan 8 botol miras dan 60 plastik miras jenis kecut di Labuan dan Pagelaran. "Kita juga sedang melakukan operasi di sejumlah daerah di wilayah hukum Polda Banten, seperti Tangerang, Cilegon, Pandeglang dan yang lainnya," ungkapnya.


Yohanes meminta masyarakat untuk ikut berperan aktif mencegah peredaran miras di wilayahnya masing-masing. Sebelum adanya jatuh korban akibat mengkonsumsi miras oplosan tersebut."Kami harapkan kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika menemukan penjualan miras oplosan, di wilayahnya masing-masing," imbaunya. (darjat/gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook