Lahan PSN Selesai Juni

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 12 April 2018 - 14:44:29 WIB   |  dibaca: 383 kali
Lahan PSN Selesai Juni

SERANG- Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten memastikan seluruh lahan untuk 11 proyek strategis nasional (PSN) di Banten akan terbebaskan pada Juni mendatang. Sebab, sebagian PSN ditargetkan sudah beroperasi pada 2019.


Kepala Kanwil BPN Provinsi Banten Yusuf Purnama mengatakan, saat ini pihaknya bersama pemerintah pusat dan daerah sedang gencar-gencarnya melakukan pembebasan lahan untuk PSN. Bahkan pihaknya sudah memasang target seluruh bakal lahan sudah terbebaskan pada Juni ini.“Tiga bulan lagi kita kerja, Juni ditargetkan semua (bakal lahan) selesai (dibebaskan),” ujarnya, kemarin.


Ia menuturkan, target waktu penyelesaian bakal lahan PSN yang kini sudah semakin mepet itu mau tak mau harus ditetapkan. Sebab, pemerintah berencana sejumlah PSN sudah mulai beroperasi pada 2019.

“Fisiknya di 2019 harus dipakai. Runway 3 Bandara Soekarno Hatta misalnya, 2019 sudah operasional. Bagaimana mau operasional kalau lahannya belum beres. Makannya dikebut lahannya dulu,” katanya.


Dari 11 PSN yang masih dalam proses penggarapan, kata dia, proses pembebasan lahan tiga di antaranya selesai lebih cepat, yaitu pada Mei mendatang. Sedangkan untuk Waduk Karian, Yusuf berpikiran sebaliknya. Pembebasan lahan salah satu PSN itu diperdiksi belum bisa selesai dalam waktu dekat.
 
Namun sayang dia tak merinci progres pembebasan lahan setiap PSN yang ada  di Banten. “Yang dijadwalkan di Mei itu 3 PSN, yaitu runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road Tol Serpong-Cinere) dan (Waduk) Sindangheula. Yang masih lama (Waduk) Karian karena masih banyak hal (permasalahan) di sana,” ungkapnya.

Untuk memudahkan proses pembebasan, BPN pun instens menjalin komunikasi dengan aparat desa. Menurut Yusuf, mereka sangat berjasa dalam proses penelusuran rekam jejak kepemilikan lahan. “Kami dibantu aparat desa, mereka sangat tahu, ini (lahan) siapa, tahu betul. Itu membantu sekali,” tuturnya.


Seperti diketahui, 11 PSN di Banten yang membutuhkan pembebasan lahan terdiri atas Tol Serang-Panimbang, Tol Kunciran-Serpong, Tol Serang-Cinere, dan Tol Serpong-Balaraja. Selanjutnya pembangunan runway 3 Bandara Soetta, pembangunan transmisi interkoneksi Sumatera-Jawa, Waduk Karian, Waduk Sindahheula, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Kemudian percepatan infrastruktur transportasi, listrik, dan air bersih untuk kawasan strategis pariwisata nasional Tanjung Lesung serta Kawasan Industri Wilmar.


Sedangkan dua PSN lainnya yang ada di Banten seperti kereta api ekspres Soekarno Hatta (Soetta)-Sudirman sudah beroperasi. Sedangkan untuk Bandara Banten Selatan Panimbang telah dicoret pemerintah pusat.
 

Dalam beberapa kesempatan, Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Banten Najib Hamas mengatakan, pembebasan bakal lahan salah satu PSN yaitu Waduk Sindangheula harus terlaksana tahun ini. Jika gagal, maka itu akan berdampak pada proses pembangunan fisiknya.
 
“Alokasi pengadaan lahan tersebut harus bisa terserap di 2018, agar tidak mengganggu progres pelaksanaan konstruksi. Sebab, lokasi (yang belum dibebaskan) tersebut posisinya di lokasi inti konstruksi utama,” tuturnya.


Meski ada target pembabasan lahan harus selesai di 2018, namun pemprov dan pihak terkait lainnya juga harus tetap mengacu pada aturan yang berlaku. Hal tersebut dilakukan agar tidak menjadi polemik di kemudian hari.“Oh iya tentu, mekanismenya harus tetap mengacu kepada norma aturan yang berlaku,” kata mantan anggota DPRD Kabupaten Serang ini. (dewa)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook