Cerdaskan Warga Lewat Teras Baca

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 13 April 2018 - 12:14:15 WIB   |  dibaca: 146 kali
Cerdaskan Warga Lewat Teras Baca

TINJAU PERPUSTAKAAN : Sekmat Purwakarta, Wawan Ihwani (berdiri) didampingi Plt Lurah Purwakarta meninjau Perpustakaan Teras Baca, Kamis (12/4).

Mencerdaskan kehidupan warga merupakan salah satu tanggung jawab dari pemerintah. Atas dasar itu, pemerintah Kelurahan Purwakarta menyediakan perpustakaan atau disebut teras baca di kantor kelurahan.

Pelaksana tugas (Plt) Lurah Purwakarta, Burhanudin mengatakan, tujuan awal adanya perpustakaan di kantor kelurahan merupakan bagian dari sarana dan prasarana pendukung pelayanan, sehingga ketika warga menunggu pelayanan bisa sambil membaca agar tidak kesal. Namun, karena antusiasme warga yang tinggi serta adanya dukungan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah maka diperluas dan diperbanyak perbendahaan bukunya.

 "Sekarang bukunya sudah mencapai 3.000 jenis buku. Bahkan area teras baca sudah tidak memungkinkan lagi untuk menyimpan buku," kata Burhan kepada Banten Raya, (12/5).
Dijelaskan Burhan, hampir setiap harinya teras baca yang ada di kantor kelurahan dikunjungi oleh warga, banyak diantaranya memanfaatkan perpus untuk mencari referensi tugas baik yang sedang mengerjakanskripsi ataupun tesis, termasuk pelajar mencari tugasnya di perpustakaan. "Salah satu tujuannya adalah dalam rangka memberikan wawasan warga dengan membaca, sekarang banyak warga yang berkunjung," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Purwakarta, Wawan Ihwani mengungkapkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kelurahan Purwakarta yang terus fokus dalam hal mencerdakan warga melalui perpustakaan. Sekalipun tidak ada anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Kota Cilegon. Namun, karena demi memberikan pelayanan dan mencerdaskan warga perpustakaan tersebut tetap eksis.

 "Perlu diketahui oleh semuanya, perpustakaan ini non budgeter alias tidak didanai oleh APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Tentu ini luar biasa karena niatnya memang untuk kemajuan warga dalam hal pendidikan yang mencerdaskan," ungkapnya.


Dalam hal ini, Wawan meminta kepada pemangku kebijakan untuk bisa mengupayakan adanya pos anggaran, sehingga bukan saja di Kelurahan Purwakarta. Namun diseluruh kantor kelurahan juga terdapat perpustakaan. "Kami tentu akan dorong untuk berkoordinasi dengan pimpinan, agar perpustakaan sebagai bagian instrumen mencerdaskan warga bisa diperhatikan da mendapatkan anggaran," tambahnya.

Wawan menerangkan, pengelolaan terhadap perpustkaan bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, dibutuhkan orang-orang yang paham secara benar mengenai kepustakaan, dengan adanya perpustakaan di kantor kelurahan minimal para pegawai bisa belajar pengelolaan dan ilmu kepustakaan.

"Pembinaan terus dilakukan oleh BPAD Kota Cilegon untuk para staf kelurahan, agar para staf bisa mengelola perpustakaan secara baik dan benar. Ini kesempatan sebab, jika kuliah khusus untuk menjadi pustakawan tentu mahal," terangnya. (uri)

 

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook