Tekan Angka Laka, Sopir Dibina

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 16 April 2018 - 13:46:48 WIB   |  dibaca: 100 kali
Tekan Angka Laka, Sopir Dibina

FOTO BERSAMA : Jajaran Dishub Pandeglang dan para sopir foto bersama usai acara sosialisasi, kemarin.

PANDEGLANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang memberikan pembinaan dan peningkatan pelayanan angkutan darat kepada sopir Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), Sabtu (14/4). Pelatihan itu untuk meminimalisasi angka kecelakaan (laka) lalu lintas.


Kepala Bidang Angkutan Dishub Pandeglang, Entong Haromaen membenarkan, kegiatan itu sebagai bentuk memberikan imbauan kepada sopir untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Mengingat saat ini masih ada sopir yang belum tertib berlalu lintas. "Saya rasa pelatihan pengemudi penting, karena keselamatan banyak orang berada di tangan mereka," ungkap Entong.


Menurutnya, dalam kegiatan itu untuk memastikan kelayakan kendaraan layak digunakan. Baik dari buku uji, kelengkapan surat kendaraan hingga izin operasi kendaraan. Sehingga dia mengimbau para sopir untuk taat aturan lalu lintas. "Setelah pembinaan ini kami harap dapat mengubah prilaku sopir agar tidak ugal-ugalan di jalan raya, dan mengutamakan keselamatan penumpang," ujarnya.


Entong menjelaskan, kegiatan itu juga untuk meminimalisasi terjadinya angka kecelakaan lalu lintas. Sebab, jika kendaraan tidak layak, sangat rentan terjadinya kecelakaan lalu lintas. "Selain menekan kecelakaan, itu juga agar para sopir taat membayar pajak trayek yang sudah mati. Kalau kendaraan yang mereka gunakan tidak layak jalan, tidak memiliki dokumen lengkap akan membahayakan," jelasnya.


Pelatihan ini juga akan dilakukan setiap tahun. Para sopir nantinya akan menjalani uji kompetensi. Dari situ akan ditentukan apakah sopir dinilai memenuhi syarat atau tidak. "Sosialisasi dan imbauan terus kami berikan. Kalau sudah begitu, para sopir bisa lebih memikirkan kendaraan dan tidak ugal-ugalan di jalan," katanya.


Kepala Dishub Pandeglang, Dadan Tafif Daniel mengharapkan dari pembinaan itu dapat memberikan pemahaman kepada para sopir untuk menaati tata tertib lalu lintas. "Mudah-mudahan mereka bisa lebih memikirkan keselamatan penumpang," harapnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook