Puluhan UKM Dapat Bantuan Modal

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 16 April 2018 - 13:52:14 WIB   |  dibaca: 81 kali
Puluhan UKM Dapat Bantuan Modal

BUAT TOPI : Salah satu warga pemilik UKM di bidang kerajinan sedang membuat sebuah topi unik dari rumbia di Kampung Citorek, Kecamatan Cibeber,. Foto diambil belum lama ini.

RANGKASBITUNG - Sedikitnya 92 Usaha Kecil Menengah (UKM) dari berbagai kecamatan di Kabupaten Lebak mendapatkan bantuan permodalan dari PT Pos Indonesia pada sKantor Pos Rangkasbitung. Hal itu dilakukan, untuk membantu peningkatan usaha dan keuntungan para pegiat UKM.


Berdasarkan data yang diterima Banten Raya dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak, puluhan UKM yang mendapatkan bantuan permodalan tersebut diantaranya UKM yang bergerak dibidang kerajinan tangan, penganan, serta pembuata kerajinan tas maupun sepatu.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak, Babay Imroni mengatakan, selama ini persoalan UKM yang selalu jalan ditempat atau sulit mengalami peningkatan usahanya, yaitu akibat permodalan. Untuk itu, ketika pihaknya mencari perusahaan diluar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak yang bisa memberikan bantuan permodalan, maka akhirnya PT Pos Indonesia menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kini telah merealisasikan kemitrannya tersebut.

"Jumlah yang hingga saat ini dibantu permodalannya yaitu sebanyak 92 UKM. Sedangkan besaran bantuan permodalannya bervariasi, ada yang Rp 40 juta, ada yang lebih dari Rp 40 juta. Sedangkan bunga yang ditetapkan pihak PT Pos Indonesia hanya sangat ringan yaitu sebesar tiga persen," kata Babay kepada Banten Raya, kemarin.


Mengingat jumlah UMK di Lebak mencapai 50.130 UKM, tambah Babay, maka pihaknya akan kembali melanjutkan kemitraan dengan perusahan BUMN maupun swasta agar bisa memberikan bantuan permodalan dengan bunga yang sangat ringan. "Kini, kamipun menghubungi dan sekaligus menjajaki beberapa perbankan yang ada di Lebak agar bisa menjadi mitra Pemkab dalam hal bantuan modal untuk para UKM di daerah kita," tambahnya.


Kepala Bidang UKM pada Dinas Koperasi dan UKM Lebak, Omas Irawan menjelaskan, 92 UKM yang kini resmi menerima bantuan permodalan dari PT Pos Indonesia secara perlahan mulai berkembang.

Hal itu selalu dipantaunya, karena dengan memiliki tambahan modal, maka bahan baku yang dibutuhukan untuk pemasaran bagi masing-masing UKM bisa mereka beli lebih banyak. "Saat ini, kami sangat bangga karena setelah mendapatan bantuan permodalan, puluhan UKM yang mendapatkan bantuan kini usahanya  terus berkembang," kata Omas. (hudaya)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook