Aplikasi e-Proposal dan e-Akuntansi BUMDes Disarankan KPK

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 19 April 2018 - 13:54:00 WIB   |  dibaca: 336 kali
Aplikasi e-Proposal dan e-Akuntansi BUMDes Disarankan KPK

DISKUSI : Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa DPMPD Pandeglang Hasan Bisri bedialog dengan aparatur desa di Kecamatan Munjul, kemarin.

PANDEGLANG – Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa DPMPD Pandeglang Hasan Bisri menyatakan, DPMPD Pandeglang dalam dua bulan ke depan akan melakukan bimbingan teknis penggunaan aplikasi e-proposal dan e-akuntansi BUMDes. Penerapan dua aplikasi ini menurut Hasan merupakan tindak lanjut Rencana Aksi KPK RI dalam pemberantasan Korupsi yang harus dilaksanakan dari mulai April sampai dengan Desember 2018.


“Harapannya ada penguatan sistem informasi jika ditunjang dengan penerapan teknologi dan penggunaan website desa. Jika sistem digital ini telah terbangun, maka informasi produk unggulan desa mudah tersosialisasikan dan potensi desa akan terangkat dengan pemasaran yang berkelanjutan dengan dukungan BUMDes,” kata Hasan, usai melaksanakan pembinaan kades baru di Kecamatan Munjul, kemarin.


Ditambahkannya, konsep desa membangun dan membangun desa perlu sinergitas antara kepala desa, perangkat desa, BPD dan Kecamatan. “Pembangunan desa yang bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa dam BHPRD akan mempercepat penuntasan desa-desa tertinggal di Kabupaten Pandeglang,” jelasnya.


Masih kata Hasan, dengan jarak tempuh dari desa ke ibu kota kecamatan dan Ibu kota kabupaten yang relatif jauh maka perlu didDukung dengan teknologi informasi yang terintegrasi sehingga proses perencanaan, pengganggaran, pengetahuan dan pertanggungjawaban lebih efektif, efisen, dan akuntabel.

“Bintek merupakan salah satu upaya penyiapan SDM aparatur desa. Bintek terintegrasi dengan berbagai disiplin ilmu yang disampaikan pakar dimasing-masing bidang. Kades dan Prades sebagai pelayan pemerintahan desa nantinya diharapkan lebih mengutamakan kecepatan pelayanan, murah dan tetap dilandasi bahagia dalam proses pengelolaan pemerintah desa,” terang Hasan.


DPMPD kata Hasan selama ini terus menerus melakukan pembinaan dan pengawasan di Desa sehingga norma-norma aturan di desa tidak dilanggar. “Tujuanya agar harapan dan penghargaan masyarakat kepada desa semakin meningkat,” pungkasnya.


Terpisah, Wakil Ketua DPRD Pandeglang Erin Fabiana Asnhorie mendukung langkah DPMPD dalam penerapan teknologi informasi di pedesaan. “Dengan dukungan teknologi harusnya lebih memudahkan proses pencairan anggaran desa dan pelaporannya. Kami harap program ini dimaksimalkan,” kata politisi Gerindra ini. (muhaemin)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook