DPT Pilkada 926.342 Jiwa

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 19 April 2018 - 13:56:49 WIB   |  dibaca: 68 kali
DPT Pilkada 926.342 Jiwa

RAPAT PLENO : Suasana rapat pleno DPT KPU lebak di Aula Hotel Kharisma, Rangkasbitung, Rabu (17/4).

RANGKASBITUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lebak 2018 sebanyak 926.342 jiwa.

Jumlah tersebut terdiri  dari pemilih laki-laki sebanyak 473.060 dan perempuan 453.282 jiwa yang mengacu pada hasil perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di 340 desa, 5 kelurahan dan 28 kecamatan di Kabupaten Lebak.


"Kita sudah menetapkan DPT dengan jumlah 926.342 jiwa. Ini merupakan hasil pemutakhiran data pemilih oleh PPK dengan sistem deteksi alatnya sudah lebih baik," kata Komisioner KPU Lebak Apipi usai rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap di aula Hotel Kharisma Rangkasbitung, Rabu (18/4).


Menurut Apipi, sistem data pemilih yang digunakan jauh lebih baik karena bekerja secara otomatis mendeteksi pemilih ganda dan atau meninggal dunia. "Jadi,  begitu muncul data ganda, langsung dihapus oleh teman-teman PPK. Alat deteksi makin canggih ini menghasilkan data pemilih riil," tuturnya.


Apipi menjelaskan, berkaitan data pemilih setelah ditetapkan bukan berarti tidak akan mengalami perubahan. Setelah ditetapkan,  DPT masih bisa ada perubahan. "Hanya perubahan itu bisa kita catat saja tanpa merubah angka DPT yang sudah ditetapkan," jelasnya.


Apipi menambahkan, jumlah DPT pada Pilkada 2018 mengalami penurunan dari sebelumnya.  "Kalau ada penurunan sistem sekarang lebih selektif terhadap yang ganda-ganda. Data penduduk di kita banyak ganda,  namun bisa langsung terdeteksi oleh operator. Sebab,  memang sidalih terintegrasi dengan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan)," tambahnya.


Komisioner Panwaslu Kabupaten Lebak Odong Hudori menambahkan, perubahan data DPS kepada DPT tidak ada kendala.  "Proses penetapan DPT sudah clear. Besok (Hari ini-red) PPK akan mengumumkan DPT.  Kita akan mengatasi itu, cuman pada prinsipnya sekalipun warga tak terdaftar di DPT masih bisa menggunakan hak pilih selama ia punya KTP elektronik," tambahnya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook