3 Rumah Warga Cipanas Tertimpa Longsor

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 19 April 2018 - 13:58:23 WIB   |  dibaca: 123 kali
3 Rumah Warga Cipanas Tertimpa Longsor

LONGSOR : Sejumlah warga saat melihat lokasi longsor di Kampung Siangin, Kecamatan Cipanas, Rabu (18/4).

RANGKASBITUNG - Sedikitnya ada 3 unit rumah warga Kampung Siangin, Desa Pasirhaur, Kecamatah Cipanas tertimpa material longsora pada Selasa (17/4) sekitar pukul 15.30 WIB. Akibatnya,  ketiga rumah yang masing-masing milik Kherowi (50), Ramanah (52) dan Toton (40) mengalami kerusakan. Meski tidak terdapat korban jiwa, longsor yang diakibatkan guyuran hujan deras tersebut membuat pemikik rumah yang menjadi korban longsoran mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.  


Rohimi, Warga Kampung Siangin mengatakan, sekitar satu jam sebelum terjadi musibah longsor, kampungnya diguyur hujan deras. Saat hujan deras mulai reda, tiba tiba tebing setinggi sepuluh meter di Kampung Siangin longsor, sehingga material longsoran menimpa dinding tiga rumah hingga mengalami kerusakan. "Saat material longsoran menimpa bagian dinding tiga rumah, maka masing-masing penghuninya langsung keluar,  sehingga tidak ada satupun yang menjadi korban," kata Rohimi kepada Banten Raya,  Rabu (18/4).


Mengingat tingkat kerusakannya tidak terlalu parah, tambah Rohimin,  maka masing-masing pemilik rumah tidak diungsikan. Namun,  untuk menghindari adanya longsor susulan, maka ketiga pemiik rumah tersebut beserta warga lainnya di Kampung Siangin diminta oleh BPBD untuk meningkatkan kewaspadaan. "Hari inipun kami tetap waspada, karena bila hujan deras terjadi lagi bukan tidak mungkin longsor susulan mengancam warga di kampung kami," tambahnya.


Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi mengatakan, wilayah Kecamatan Cipanas merupakan salah satu kecamatan di Lebak yang rawan longsor. Oleh karena itu, bila didaerah tersebut terjadi hujan deras,  maka pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat Cipanas yang permukimannya dekat dengan tebing harus berhati-hati. "Untuk kejadian longsor di Kampung Siangin sudah kami tangani, khususnya dalam hal bantuannya kepada para pemilik rumah yang terkena dampak longsor,"  kata Kaprawi. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook