Awas, PPDB Online Bermasalah Lagi

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Sabtu, 21 April 2018 - 11:45:02 WIB   |  dibaca: 449 kali
Awas, PPDB Online Bermasalah Lagi

SERANG- Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengultimatum Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Banten agar pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dalam jaringan (daring) bisa berjalan dengan lancar.

Dia tak menginginkan kejadian masalah pada tahun 2017, dimana server tak bisa diakses, kembali terulang.“Tahun ini saya sudah meminta Diskominfotiksan persiapkan, jangan sampai lagi ada kendala. Tidak mau terjadi lagi seperti tahun yang lalu,” ujarnya kepada Banten Raya, kemarin.


Mantan anggota DPR RI itu mengaku tak mau menerima alasan jika sampai kejadian tahun sebelumnya terulang. Diskominfotiksan harus benar-benar mempersiapkan diri karena server PPDB nantinya akan diakses oleh pendaftar dari delapan kabupaten/kota.


“Siap tidak untuk menerima hasil dari pendaftaran peserta. Pasti kan dalam kaitan ini kan bukan hanya kaitan 1 daerah tapi 8 kabupaten/kota. Kominfo tahun lalu menyatakan siap tapi ternyata tidak siap. Sekarang saya harap kesiapan. Kemarin sudah perbaikan dari hardware yang dilengkap, mudah-mudahan tidak terjadi masalah,” katanya.


Disinggung jika seandainya kejadian tahun 2017 kembali terulang, Andika mengaku tak segan untuk mengevaluasi Diskominfotiksan dan menjatuhkan sanksi tegas kepada pejabatnya. “Evaluasi kan jelas, masa dua kali salah. Sanksi tegas. (PPDB daring) itu merupakan pelayanan kepada masyarakat yang harus diseiapkan jauh-jauh hari,” ungkapnya.


Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Diskominfotiksan Provinsi Banten Rosmawati  mengungkapkan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi terkait persiapan penyelenggaraan PPDB online 2018 baik secara internal yang diikuti tenaga ahli bidang TIK dan moratelindo selaku internet service provider, maupun unsur instansi terkait.


"Untuk mendukung pelaksanaan PPDB online (daring) Provinsi Banten yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan Banten. Dinas kominfo sebagai liding sektor dalam bidang teknologi informasi mempersiapkan infrastruktur untuk menyukseskan pelaksanaan PPDB online tersebut. Beberapa hal yang disiapkan antara lain mempersiapkan server, mempersiapkan data center di dua tempat yakni data center diskominfo dan cyber DC Jakarta, dan ketiga mempersiapkan akses bandwith," jelasnya.
 

Pihaknya juga akan melakukan uji coba terhadap kemampuan kapasitas server dan infrastruktur yang dimiliki diskominfotiksan. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan permasalahan yang akan timbul ketika PPDB daring diakses secara langsung oleh masyarakat Banten.


"Berkaca pada PPDB online tahun 2017, dimana terjadi permasalahan teknis dalam penyelenggaraan PPDB secara online, kami berharap PPDB online dalam sisi software dan hardware atau infrastruktur tahun 2018 bisa lebih matang dalam perencanaan dan pelaksanaannya," katanya. (dewa)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook