Komputer Dicuri, UNBK SMP Batu Ceper Terganggu

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 26 April 2018 - 10:47:08 WIB   |  dibaca: 276 kali
Komputer Dicuri, UNBK SMP Batu Ceper Terganggu

NYARIS GAGAL UN : Polisi melakukan olah TKP pencurian 19 unit komputer jinjing di SMP PGRI Batu Ceper, Batu Ceper, Kota Tangerang, Rabu (25/4).

TANGERANG - Puluhan siswa SMP PGRI Batu Ceper di Kota Tangerang nyaris tak bisa melaksanakan ujian nasional berbasiskan komputer (UNBK) karena 19 unit komputer di sekolah tersebut digondol maling, Selasa (24/4) malam.  Aksi kejahatan itu terjadi saat para siswa akan menjalani ujian penentu pada hari ketiga.


Kepala Sekolah SMP PGRI Batu Ceper, Lutfi Suryadi  mengatakan, hilangnya belasan laptop  pada pagi hari ketika. Para penjaga sekolah sedang membersihkan ruang kelas untuk pelaksanaan UNBK. “Ada 19 unit laptop dicuri dari dalam ruang kelas,” kata Lutfi, Rabu (25/4).


Karena adanya aksi pencurian itu, lanjut Lutfi, pihaknya langsung melaporkannya ke pihak kepolisian dan Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar para siswanya dapat mengikuti UNBK. Akhirnya, pihak sekolah harus memindahkan puluhan siswa ke SMA Negeri 14 untuk melaksanakan UNBK di sana.


“Memang jaraknya agak jauh, tetapi ini harus ditempuh karena siswa harus ujian penentuan kelulusan. Siswa sempat kena hujan dan baju mereka basah. Tapi alhamdulillah berjalan kondusif dan lancar,” ungkapnya.


Lutfi mengaku pelaksanaan ujian sempat molor satu jam, karena pihaknya sibuk berkoordinasi dengan dinas dan kepolisian. Seperti diketahui ada 54 siswa di SMP PGRI Batu Ceper yang mengikuti UNBK.


Dari jumlah siswa itu pihak sekolah membaginya menjadi dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 07.30 sampai 09.30 dan sesi kedua sejak pukul 10.30 sampai 12.30 dengan dua ruangan yang digunakan. Pelaksanaan UNBK tingkat SMP itu akan berlangsung sampai Kamis (26/4).


Kapolsek Batu Ceper, Komisaris Hidayat Iwan Iriawan menuturkan jika pihaknya masih mengusut kasus pencurian komputer yang terjadi di SMP PGRI Batu Ceper. Dari pemeriksaan awal pihaknya menduga pelaku melakukan aksi  pada Selasa (24/4) malam.

 Pelaku masuk ke dalam ruangan setelah berhasil mencongkel pintu ruang kelas di lantai bagian atas dengan menggunakan benda keras. “Belum diketahui berapa orang pelaku pencurian. Kami masih melakukan proses penyelidikan terhadap kasus ini. Laporan yang kami terima itu tadi pagi dari pihak sekolah,” tuturnya.


Ditambahkan Hidayat, aksi pencurian menyasar ke gedung sekolah memang sedang marak di Kota Tangerang. Kabanyakan, aksi kejahatan ini menyasar pada ruang laboratorium komputer sekolah. Dengan muncuatnya kasus itu, pihaknya berhadap Dinas Pendidikan mensosialisasikan kepada sekolah untuk menempatkan CCTV. (jpg)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook