Kembalikan Putera Daerah di KS

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 27 April 2018 - 13:40:06 WIB   |  dibaca: 300 kali
Kembalikan Putera Daerah di KS

TUNTUT KEARIFAN LOKAL : Suasana aksi unjuk rasa yang digelar Front Geger Cilegon-Banten di halaman Kantor PT Krakatau Steel yang berada di kawasan Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), Kamis (26/4).

CILEGON - Ratusan warga yang tergabung dalam Front Geger Cilegon-Banten berunjuk rasa di halaman kantor PT Krakatau Steel yang terletak di Kawasan Industri Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), Kamis (26/4).

Mereka memprotes hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Krakatau Steel (KS) Tbk, 18 April lalu yang tidak mencantumkan putera daerah dalam jajaran direksi PT KS. Imam Purwanto sebagai satu-satunya putra daerah asli Banten yang menduduki jabatan Direktur SDM dan Pengembangan Usaha digantikan oleh Rahmad Hidayat yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor PT Bank Mandiri Wilayah Padang dalam RUPS tersebut.

Dalam aksi yang dikawal ketat aparat keamanan tersebut, massa sempat membakar ban sebagai ungkapan kekecewaan. "Tuntutan Front Geger Cilegon Banten adalah bagaimana caranya tokoh-tokoh terbaik Banten bisa duduk di jajaran Direksi dan Komisaris PT KS.

Karena hasil RUPS yang dilakukan Kementerian BUMN dan PT KS beberapa waktu yang lalu, tidak ada satupun tokoh-tokoh terbaik Banten yang duduk di jajaran Direksi dan Komisaris PT KS,"  kata Ketua Front Geger Cilegon-Banten Tb Bambang Mulyadi Sanusi.


Formasi warga Banten di direksi KS adalah bentuk penghargaan terhadap masyarakat Banten yang pada dekade 1970-an mengorbankan tanah mereka untuk kepentingan pembangunan PT KS. "Pada posisi ini membuktikan bahwa Kementerian BUMN dan PT KS telah memandang sebelah mata, tidak ada kepedulian kepada tokoh-tokoh terbaik Banten yang terkesan dianaktirikan. Maka dengan itu, sekali lagi saya katakan aksi ini sebagai bentuk protes, perlawanan dan penolakan hasil RUPS," katanya.


Dewan Pembina Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badak Banten Isro Mi’raj yang turut dalam aksi tersebut mengatakan, PT KS harus memerhatikan kearifan lokal.“Kami meminta KS menempatkan putra daerah di jajaran direksi dan komisaris di KS serta juga putra daerah di jajaran direksi dan komisaris di anak perusahaan PT KS,” pintanya.


Sekretaris Perusahaan PT KS Suriadi Arief mengatakan, pihaknya hanya bisa menyampaikan aspirasi tersebut kepada Kementerian BUMN. Ia mengakui bahwa masyarakat Cilegon dan KS memiliki hubungan emosional yang kuat sejak berdirinya PT KS. “Kami tahu, kalau masyarakat lokal juga mau menyumbangkan pemikirannya untuk PT KS. Kami akan sampaikan ini ke Kementerian BUMN,” jelasnya.


Ia menambahkan, RUPS kemarin sudah berlangsung dengan baik legal. Terkait kemungkinan bisa dianulir atau tidak, Arief mengaku tidak mengetahuinya. “Kami tahu kalau ada keterikatan batin antara masyarakat Cilegon dan KS, karena berdirinya KS juga tidak lepas dari dukungan warga lokal,” jelasnya. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook