Jelang Ramdhan, RZ Bersihkan 1001 Masjid

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Rabu, 09 Mei 2018 - 11:51:07 WIB   |  dibaca: 109 kali
Jelang Ramdhan, RZ Bersihkan 1001 Masjid

PEDULI : Branch Manager Rumah Zakat Cilegon Saibani (empat dari kiri) berfoto warga dan relawan Rumah Zakat dalam gerakan bersih-bersih 1001 masjid di Masjid Assyuhada Alkhairiyah Lingkungan Pegantungan Cilegon, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang Kota Cilegon, Selasa (8/5).

CILEGON – Jelang Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriyah, Rumah Zakat melakukan aksi sosial gerakan bersih-bersih sebanyak 1001 masjid di seluruh Indonesia. Khusus di Kota Cilegon, kegiatan bersih-bersih masjid ini dilakukan di Masjid Assyuhada Alkhairiyah Lingkungan Pegantungan Cilegon, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang Kota Cilegon, Selasa (8/5).

Branch Manager Rumah Zakat Cilegon Saibani mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih 1001 masjis tersebut dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan serta menjaga kekhusyuan kaum mulimin melakukan ibadah di Masjid.


“Program ini merupakan gerakan nasional dari Rumah Zakat guna membersih 1001 masjid seluruh Indonesia dalam memasuki Bulan Ramadhan. Harapan kami untuk masjid-masjid yang kami bersihkan itu ketika warga menggunakan masjid itu sudah nyaman, wangi, dan bersih, serta ibadahnya pun lebih kondusif,” ujar Saibani disela-sela membersihkan Masjid Assyuhada Alkhairiyah Lingkungan Pegantungan Cilegon.


Berdasarkan pantau Banten Raya, selain dilakukan oleh relawan Rumah Zakat Cilegon, kegiatan bersih-bersih masjid ini juga turut dibantu warga dan RT/RW di dari  Lingkungan Pegantungan Cilegon. Aksi bersih-bersih masjid ini dilakukan dengan membersihkan ruang bagian  dalam masjid, lantai dalam masjid, karpet tempat shalat, halaman masjid, tempat wudhu, kamar mandi dan seluruh bagian-bagian masjid yang terlihat kotor/berdebu, berlumut dan berkerak.


“Untuk di Cilegon kami lakukan di Masjid Assyuhada Alkhairiyah Lingkungan Pegantungan Cilegon. Masjid ini kami pilih berdasarkan hasil survei dibeberapa lokasi dan kondisi masjid ini yang sangat membutuhkan untuk segera di bersihkan,” kata pria yang akrab dipanggil Bani ini.


Ia menambahkan, secara nasioanal program bersih-bersih masjid ini telah berlangsung dari Hari Sabtu-Kamis (7-12/5). Kendati diberikan target membersihkan satu masjid, Bani mengaku, pihaknya berencana melakukan kegiatan bersih-bersih masjid didua tempat berbebeda.


“Harapan kami melalui garakan bersih-bersih masjid ini, dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat agar menumbuhkan kesadaran dalam merawat dan menjaga kebersihan serta kenyamanan masjid untuk beribadah,” harap Bani.


Sementara itu, Ketu RW 07 Lingkungan Pegantungan Cilegon, Selamat mengaku, pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi positif terhadap kepedulian Rumah Zakat dalam melakukan bersih-bersih masjid dilingkungannya. Selain bernilai ibadah, prilaku terpuji tersebut dapat mendorong warga menjaga kenyamanan dan kebersihan tempat ibadah.


“Sebagai RW 07, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Rumah Zakat Cilegon yang telah peduli melakukan kegiatan bersih masjid kami. Karena selama ini belum ada yang melakukan kegiatan seperti RZ,” kata Selamet.


Selamat menuturkan, Masjid Assyuhada Alkhairiyah merupakan salah satu masjid tua di lingkungan Pegantungan Cilegon. Masjid tersebut mampu menampung 500-600 jamaah.
“Masjid ini ditempati oleh tiga RT. Mudah-mudahan dengan telah dibersihkan oleh Rumah Zakat, warga kami makin nyaman dalam melakukan ibadah, khususnya memasuki bulan Suci Ramadan,” pungkasnya. (ismet)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook