Bus Dipaksa Keluar Terminal

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Rabu, 09 Mei 2018 - 12:17:43 WIB   |  dibaca: 1414 kali
Bus Dipaksa Keluar Terminal

DISANKSI : Sejumlah bus berada di Terminal Kaduagung, Selasa (8/5). Petugas akan memberikan sanksi tegas bagi yang melanggar aturan.

RANGKASBITUNG - Bus angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dipaksa untuk keluar terminal jika diketahui tidak layak operasi, terutama pada musim mudik Lebaran 2018. Atas dasar itu, Petugas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung Lebak meminta agar para pemilik dan sopir bus melakukan kontrol terhadap kelaikan jalan dan kelaikan operasi bus.


Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung Lebak pada Kementerian Perhubungan RI, Lina Darlina mengatakan, di Terminal Kaduagung terdapat 118 bus AKAP yang setiap beroperasi ke delapan kota tujuan, seperti ke Bandung, Bogor, Kalideres, Bekasi, Cikarang, Tanjung Priok, Cimone, serta Tangerang.

Agar saat angkutan lebaran aman bagi para peumpangnya, maka pihaknya terus melakukan imbauan kepada para sopir atau pemilik bus tersebut untuk merutinkan melakukan pengeceken seluruh perangkat dan sarana pendukung bus agar memenuhi syarat sebegai angkutan lebaran. "Kami tidak akan main-main bila pada saat arus mudik atau balik lebaran ditemukan bus yang tidak memenuhi syarat dioperasikan, maka bus tersebut akan kami keluarkan dari area Terminal Kaduagung," kata Lina kepada Banten Raya, Selasa (8/5).


Ditegaskan Lina, selain melakukan sanksi pengusiran dari areal Terminal Kaduagung, pihaknyapun akan melarang bus tersebut dioperasikan sebagai angkutan lebaran. Hal itu sudah merupakan perintah dari Kementrian Perhubungan dengan tujuan agar dalam arus mudik maupun arus balik lebaran, tidak ada satupun kecelakaan lalulintas akibat bus tidak layak dioperasikan. "Kami berharap kepada para sopir maupun para pemilik perusaan bus umum, agar lebih mendahulukan kepentingan keselamatan penumpang," tegasnya.


Kepela Bidang Keselematan Lalulintas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak, Azis Ali Rosyid mengatakan, bila pihaknya sangat mendukung terhadap tindakan tegas yang akan dilakukan petugas pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung kepada bus umum pada saat menjelang lebaran. "Kamipun akan turut membantu upaya pemerintah pusat dalam hal mencegah kecelakaan penumpang, yang diakibatkan bus yang mereka tumpangi tidak layak dioperasikan," kata Azis. (hudaya)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook